Probiotik, Solusi Peningkatan Produktivitas Ternak

INOVASI

Penulis: Supriyani 
SUKOHARJO | inspirasiline.com

PRODI Peternakan Fakultas Pertanian Univet Bantara Sukoharjo menggelar webinar bertema “Diskusi Ilmiah Tentang Probiotik Pakan Ternak” di kampus setempat, Jumat (25/9/2020). Dengan keynot speaker Rektor Prof Dr Ir Ali Mursyid Wahyu Mulyono, webinar menghadirkan narasumber tunggal Dra Agnes Heratri MP, praktisi-pakar industri berskala nasional dari CV Pradipta Paramita, Surakarta.

NARASUMBER tunggal Dra Agnes Heratri MP, praktisi-pakar industri dari CV Pradipta Paramita, Surakarta.

Kaprodi Peternakan Sri Sukaryani mengatakan, webinar gelaran keempat ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa. Pasalnya, diikuti 162 peserta dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia.

“Kami sangat bangga, ternyata tema ini menjadi daya tarik tersendiri bagi berbagai pihak,” ujar Sri Karyani kepada media, usai acara.

Dia berharap, dengan webinar ini bisa meningkatkan keberadaan Prodi Peternakan, yang nantinya jika ada akreditasi akan masuk ke dalam kegiatan program studi yang dipimpinnya.

KAPRODI Peternakan Sri Sukaryani.

Sri Sukaryani menjelaskan, webinar mengangkat tema probiotik, karena probiotik sangat penting untuk meningkatkan produktivitas ternak.

Probiotik merupakan organisme yang diberikan untuk campuran pakan ternak. Cara mendapatkannya pun mudah, di pasaran, poultry-poultry juga banyak. Ada yang berbentuk serbuk, ada pula yang berbentuk cair.

“Ke depan kami berharap bisa menerapkan probiotik ini dalam penelitian bagi mahasiswa maupun dosen, bekerjasama dengan perusahaan yang sudah menjadi mitra kami. Juga sebagai ajang kuliah kerja lapangan (KKL) atau magang bagi mahasiswa kami,” bebernya.

Sementara Rektor Prof Ali Mursyid menyampaikan, baginya yang sangat menarik justru latar belakang dari pemilihan tema ini.

Menurutnya, Indonesia itu sangat berbeda dari negara lain. Indonesia terkenal dengan jumlah ternaknya yang tidak terlalu banyak, tapi penggunaan antibiotik justru lebih banyak.

“Hal ini menjadi fenomena yang menarik. Sebab, penggunaan antibiotik secara terus-menerus akan membuat bakteri menjadi kebal. Salah satu peran probiotik ini bisa menggantikan peran antibiotik dalam hewan, aman, tidak membuat resistensi, dan bakteri patogin akan tersisih dalam usus ternak,” terangnya.

baca juga:  13 Jenazah Korban Laka Bus di Bantul DIY Dini Hari Tiba di Sukoharjo

Prof Ali Mursyid menambahkan, dengan adanya probiotik, peternak tidak usah bingung untuk mencarikan antibiotik. “Penggunaan probiotik lebih efisien, tidak ada efek samping, ternak cepat gemuk, sehat, produktivitas meningkat, dan harapannya agar ternak di Indonesia menjadi lebih baik,” tandasnya.***

Bagikan ke:

1 thought on “Probiotik, Solusi Peningkatan Produktivitas Ternak

  1. Nice post. I be taught something more challenging on totally different blogs everyday. It can all the time be stimulating to learn content material from other writers and apply a bit one thing from their store. I’d desire to make use of some with the content on my weblog whether you don’t mind. Natually I’ll offer you a link in your internet blog. Thanks for sharing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *