Dinas ESDM Terus Teliti Penyebab Api Abadi Mrapen Padam

NEWS

Penulis: Joko Widodo
GROBOGAN | inspirasiline.com

NAMANYA saja abadi, pasti bersifat selamanya. Namun tidak bagi Api Abadi Mrapen, yang terletak di Desa Manggarmas, Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan.

Api yang semula merupakan tempat pembuatan keris Eyang Supo, yang selalu menyala ini, sejak 25 September lalu padam, sudah tidak lagi mengeluarkan api.

Padamnya api di tempat wisata bersejarah yang menjadi kebanggaan warga Grobogan dan ikon Jawa Tengah ini memang mengejutkan masyarakat. Sebab, setiap hari, banyak pengunjung yang datang ke tempat ini kecewa, karena sudah tidak bisa melihat semburan apinya.

Informasi ini telah sampai di telinga Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, yang langsung memerintahkan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jateng untuk memeriksa dan meneliti penyebab padamnya sumber api tersebut.

“Tempat itu (Api Abadi Mrapen) memang banyak terdapat cekungan gas. Jika sumbernya habis, ya secara alami api menjadi padam,” ungkap Ganjar, Senin (5/10/2020).

Untuk itu, Dinas ESDM Jateng diminta untuk melihat apakah secara alami gas yang terkandung itu habis atau ada penyebab lain, seperti adanya kegiatan eksploitasi sumber alam lainnya di sekitar Api Abadi Mrapen.***

Bagikan ke:
baca juga:  BPN Sragen Serahkan 39 Sertifikat Lahan Jalan Lingkungan ke Bupati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *