Nenek Aminah “Bosan” Ditanya Keberadaan Putranya, Zulkarnaen

INSPIRASIANA

Penulis: Sugimin | Editor: Dwi NR
SRAGEN | inspirasiline.com

Dikabarkan, Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap teroris Bom Bali I, Zulkarnaen alias Aris Sumarsono alias Daud alias Zaenal Arifin yang sudah buron 19 tahun. Warga asal Sragen ini ditangkap karena dianggap terlibat menyembunyikan teroris ahli rakit bom, Taufik Bulaga alias Upik Lawanga.

TANPA terasa, air mata Aminah (80) membasahi pipinya yang keriput. Nenek itu teringat salah satu putranya, Aris Sumarsono atau lebih dikenal dengan Zulkarnaen.

“Sudah lama saya tidak bertemu dia. Saya tidak pernah tahu di mana dia. Tapi, banyak yang datang kemari seolah-olah saya menyembunyikan dia,” ujar Aminah kepada inspirasiline.com di halaman rumahnya di Dukuh Gebang Kidul, RT 14/RW 06, Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Minggu (13/12/2020) sore.

Masih jelas dalam ingatan Aminah, kala beberapa orang datang bertamu ke rumahnya, beberapa tahun lalu. Mereka datang untuk menanyakan apakah benar tiga anak Zulkarnaen dititipkan di rumahnya. Dia tidak tahu siapa yang telah memberikan informasi tidak benar terkait hal itu.

“Saya justru bilang ke mereka, siapa yang bisa menemukan cucu saya (anak-anak Zulkarnaen –red), akan saya beri uang Rp 1 juta,” ujarnya.

RUMAH Nenek Aminah (80), ibunda Zulkarnaen di Dukuh Gebang Kidul, RT 14/RW 06, Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen.

Beberapa tahun lalu, seseorang yang mengaku polisi juga datang ke rumahnya. Orang itu bermaksud meminta Aminah ikut tes DNA untuk dicocokkan dengan DNA seorang terduga teroris yang meninggal dunia di Jakarta. Namun, dengan tegas Aminah menolak permintaan itu.

“Saya tidak mau dites (DNA). Kalau benar dia anak saya, lebih baik saya yang datang ke Jakarta. Sebagai ibu, saya pasti masih ingat dan mengenali wajah anak saya. Setelah itu tidak ada kabar lagi dari orang itu. Berarti, yang meninggal itu bukan anak saya,” tuturnya.

baca juga:  Kemendikbud Gelar Pasar Budaya Serentak 5 Klaster BPSPS

Aminah sendiri sudah merasa “bosan” dengan para tamu yang datang untuk sekadar bertanya di mana putranya itu berada.

Sejak lulus SD), Zulkarnen memilih menempuh pendidikan di Pondok Pesantren Al-Mukmin, Ngruki. Sejak belajar di ponpes itulah, Aminah tidak pernah tahu kabar putranya.

Tidak Pernah Tahu
Aminah juga tidak pernah tahu mengapa anaknya disebut-sebut sebagai aktor di balik terjadinya Bom Bali I, 2002 silam.

“Anak saya itu ada banyak. Semua sudah hidup mandiri. Tersebar di mana-mana. Mereka punya kewajiban menafkahi keluarga masing-masing,” ujarnya.

Aminah mengaku sudah mendengar kabar bila Zulkarnaen telah ditangkap di Lampung. Namun, dia belum tahu kebenaran informasi itu. Sebagai seorang ibu, Aminah berharap anaknya bisa mendapatkan petunjuk ke jalan yang lurus.

“Kalau anak saya salah, mudah-mudahan bisa menemukan jalan yang terang,” tuturnya.

Dukuh Gebang Kidul merupakan kampung halaman Zulkarnaen, yang lahir dengan nama Aris Sumarso. Zulkarnaen menempuh pendidikan di jenjang SD di desa setempat.

Setelah lulus SD, Zulkarnaen melanjutkan pendidikan di pesantren. Sejak lulus SD itu, dia jarang pulang. Bahkan saat ayahnya, Hadi Saleh meninggal dunia sekitar lima tahun silam, dia tidak bisa pulang.

“Almarhum Pak Hadi Saleh pernah bekerja sebagai guru agama, sementara Bu Aminah bekerja sebagai petani. Sekarang Bu Aminah tinggal bersama anaknya, Mas Mimin. Kehidupan mereka ya biasa saja, seperti warga lainnya. Semangat gotong royong dengan tetangga juga baik,” kata Ketua RW 06, Desa Gebang, Kecamatan Masaran, Sragen, Gimin Hardiyanto.

Gimin mengaku belum pernah melihat Zulkarnaen pulang ke kampung halaman. Dia juga tidak pernah tahu kegiatan apa yang dilakukan Zulkarnaen di perantauan.

“Saya hanya tahu informasi lewat berita di media. Tapi, saya tidak pernah tahu cerita persisnya seperti apa. Kabarnya bagaimana dia, kami juga tidak tahu,” ujar Gimin.

baca juga:  Dengan Jaga Kwalitas, Sepatu kulit Buatan Pamuji Grobogan tembus Nasional

Penangkapan Zulkarnaen
Diberitakan sebelumnya, Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri menangkap teroris Bom Bali I, Zulkarnaen alias Aris Sumarsono alias Daud alias Zaenal Arifin yang sudah buron 19 tahun.

Warga asal Sragen itu ditangkap karena dianggap terlibat menyembunyikan teroris ahli rakit bom, Taufik Bulaga alias Upik Lawanga.

“Keterlibatan, menyembunyikan Daftar Pencarian Orang (DPO), yang lebih dikenal dengan sebutan buron atas nama Udin alias Upik Lawanga alias Taufik Bulaga,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono, Sabtu (12/12/2020).

Argo menyampaikan, Zulkarnaen merupakan bagian dari jaringan teroris Jamaah Islamiyah (JI).

Zulkarnaen, sebut Argo, merupakan orang yang membuat pasukan khusus untuk melakukan teror Bom Bali I hingga konflik di Poso dan Ambon.

“Zulkarnaen adalah panglima askari (tentara) Jamaah Islamiyah ketika Bom Bali I. Dia yang membuat unit khos yang kemudian terlibat bom Bali, konflik-konflik di Poso dan Ambon. Unit khos itu sama dengan special task force,” paparnya.

Zulkarnaen ditangkap Densus 88 Polri pada Kamis (1/12/2020) di Lampung. Saat ditangkap, Zulkarnaen tidak melakukan perlawanan.

“Telah dilakukan penangkapan tanpa perlawanan, terhadap tersangka (DPO) pada hari Kamis tanggal 10 Desember 2020, pukul 19.30 WIB, yang beralamat di Gang Kolibri, Toto Harjo, Purbolinggo, Kabupaten Lampung Timur, Lampung,” katanya.***

Bagikan ke:

6 thoughts on “Nenek Aminah “Bosan” Ditanya Keberadaan Putranya, Zulkarnaen

  1. Hello! I just wanted to ask if you ever have any issues with hackers? My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing many months of hard work due to no back up. Do you have any solutions to prevent hackers?

  2. Awesome website you have here but I was curious if you knew of any user discussion forums that cover the same topics discussed in this article? I’d really love to be a part of online community where I can get comments from other experienced individuals that share the same interest. If you have any suggestions, please let me know. Many thanks!

  3. Thank you for sharing superb informations. Your website is so cool. I am impressed by the details that you have on this blog. It reveals how nicely you perceive this subject. Bookmarked this website page, will come back for more articles. You, my pal, ROCK! I found just the information I already searched everywhere and just couldn’t come across. What an ideal web-site.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *