Secara Hybrid, Gubernur Ganjar Pranowo Lantik 17 Bupati/Wali Kota

NEWS

Penulis: Laras W Gandaningrum
SEMARANG | inspirasiline.com

PELANTIKAN 17 bupati/wali kota di Jawa Tengah yang digelar Jumat (26/2/2021) berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Di masa pandemi ini, pelantikan kepala daerah di Jawa Tengah hasil Pilkada Serentak, 9 Desember 2020 dilakukan secara hybrid, yaitu ada yang dilantik secara langsung dan ada yang dikukuhkan dengan sistem daring.

Pelantikan kepala daerah yang dilaksanakan secara langsung di Gedung Gradika Bhakti Praja, Kota Semarang adalah bupati/wali kota yang ada di wilayah Semarang Raya, yaitu Wali Kota-Wakil Wali Kota Semarang, Bupati-Wakil Bupati Kendal, dan Bupati-Wakil Bupati Semarang. Sedangkan bupati/wali kota daerah lain dilaksanakan secara virtual di masing-masing Gedung DPRD setempat.

Adapun kepala daerah yang dilantik secara virtual adalah Bupati-Wakil Bupati Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Purbalingga, Wonogiri, Wonosobo, Kebumen, Purworejo, Pemalang, Blora, Rembang, serta Wali Kota-Wakil Wali Kota Solo, Kota Magelang, dan Kota Pekalongan.

Selengkapnya, nama-nama kepala daerah yang dilantik adalah Kabupaten Purbalingga: Dyah Hayuning Pratiwi-Sudono; Kabupaten Kebumen: Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih; Kabupaten Wonosobo: Afif Nurhidayat-Muhammad Albar; Kabupaten Boyolali: Mohammad Said Hidayat-Wahyu Irawan; Kabupaten Klaten: Sri Mulyani-Yoga Hardaya; Kabupaten Sukoharjo: Etik Suryani-Agus Santosa; Kabupaten Wonogiri: Joko Sutopo-Setyo Sukarno; dan Kabupaten Blora: Arief Rohman-Tri Yuli Setyowati.

Selanjutnya, Kabupaten Semarang: Ngesti Nugraha-Basari; Kabupaten Kendal: Dico M Ganinduto-Windu Suko Basuki; Kabupaten Pemalang: Mukti Agung Wibowo-Mansur Hidayat; Kabupaten Rembang: Abdul Hafidz- Mochamad Hanies Cholil Barro’; Kabupaten Purworejo: Agus Bastian-Yuli Hastuti; Kota Magelang: Muchamad Nur Aziz-M Mansyur; Kota Solo: Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa; Kota Semarang: Hendrar Prihadi-Hevearita Gunaryanti Rahayu; dan Kota Pekalongan: Achmad Afzan Arslan Djunaid-Salahudin.

Saat hendak melakukan pengambilan sumpah para kepala daerah, Ganjar Pranowo bertanya, “Apakah saudara-saudari bersedia diambil sumpahnya? Sumpah yang akan saudara-saudari ucapkan mengandung tanggung jawab.”

baca juga:  Kedungtuban Bersatu Tuntut Pembatalan Seleksi Perangkat Desa

“Saya, Gubernur Jawa Tengah atas nama Presiden Republik Indonesia dengan resmi melantik saudara-saudari sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah yang nama-namanya tercantum dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri,” tegas Ganjar.

Pada 9 Desember 2020 lalu, ada 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang menggelar Pilkada Serentak. Sebanyak 17 kepala daerah dilantik pada 26 Februari 2021, sedangkan empat kepala daerah akan dilantik menyusul setelah masa jabatannya berakhir, yaitu Kabupaten Demak, Grobogan, Sragen, dan Pekalongan.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *