Bupati-Wakil Bupati, Dandim, Kapolres Sukoharjo Tanam Jagung Bersama

NEWS

Penulis: Supriyani
SUKOHARJO | inspirasiline.com

KEKOMPAKAN antara Pemerintah Kabupaten Sukoharjo dengan TNI-Polri kini semakin terbukti. Bupati-Wakil Bupati, Dandim, dan Kapolres tak segan-segan turun langsung ke lahan pertanian di Desa Rejosari, Kecamatan Polokarto untuk menanam jagung bersama, untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat.

Ribuan bibit jagung Bisi 2 bertongkol dua disebar di tanah seluas 5.000 meter persegi di Desa Rejosari. Penanaman bibit jagung tersebut sebagai upaya menjaga ketahanan pangan bagi warga setempat.

Secara simbolis, penanaman bibit pohon jagung dilakukan Dandim 0726 Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan bersama Bupati Etik Suryani, Wakil Bupati Agus Santosa, dan Kapolres AKBP Bambang Yugo Pamungkas, Rabu (10/3/2021).

DANDIM 0726 Sukoharjo Letkol Inf Agus Adhy Darmawan bersama Bupati Etik Suryani, Wakil Bupati Agus Santosa, dan Kapolres AKBP Bambang Yugo Pamungkas saat melakukan penanaman jagung,

Dandim Letkol Inf Agus Adhy Darmawan mengungkapkan, demplot pertanian Kodim 0726 seluas 5.000 meter persegi merupakan program TNI AD dalam upaya menjaga ketahanan pangan nasional.

Selain itu, untuk membantu meningkatkan program perekonomian warga setempat, Desa Rejosari dijadikan sasaran penanaman bibit pohon jagung, karena kondisi wilayah tandus dan hanya mengandalkan sektor pertanian tadah hujan.

“Kami mendapatkan bantuan bibit jagung dan pupuk dari Pemkab Sukoharjo,” ujarnya.

Dandim berharap, penanaman bibit jagung bisa berhasil dan memetik hasil panen yang memuaskan untuk membantu ketahanan pangan di Kabupaten Sukoharjo.

Selanjutnya, Kodim juga akan melaksanakan kegiatan serupa dengan memanfaatkan seluruh lahan tidur yang ada di Kabupaten Sukoharjo.

Pemanfaatan lahan tidur tidak hanya sebatas dengan penanaman pohon jagung, namun juga dengan aneka jenis buah-buahan seperti kelengkeng.

“Kami akan mendatangkan ahli pembibitan hingga pembuahan tanaman kelengkeng. Bibit tanaman ini akan ditanam di lahan tidur di seluruh wilayah Sukoharjo,” ungkapnya.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani mendukung langkah Kodim 0726 melakukan penanaman bibit jagung di kawasan Rejosari. Menurutnya, penanaman bibit jagung ini akan mampu meningkatkan perekonomian warga setempat, sekaligus meningkatkan produksi jagung di Kabupaten Sukoharjo.

baca juga:  Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati Menyampaikan LKPJ Tahun 2021

Bupati Etik Suryani berharap, melalui penanaman ini akan bisa memacu produktivitas pertanian sekaligus meningkatkan ketahanan pangan.

“Apalagi, penanaman jagung prosesnya gampang, tidak banyak memerlukan pengairan, perawatannya juga mudah, sehingga cocok ditanam di lahan kering seperti ini. Dengan pemeliharaan yang optimal, nanti hasilnya akan maksimal,“ katanya.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *