Desa Bedoro Raih Penghargaan Merdeka Award 2021

INSPIRASIANA

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasiline.com

DESA Bedoro, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan di kancah nasional.

Dalam ajang Merdeka Award 2021 bertajuk “Inspirasi di Tengah Pandemi”, Desa Bedoro mampu meraih penghargaan dari Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) kategori “Daerah dengan Kesetiakawanan yang Menginspirasi”.

Desa Bedoro dinilai mampu menjadi inspirator atas inovasi dalam bidang sosial masyarakat, seperti pemberdayaan terhadap kaum difabel.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar kepada Kepala Desa Bedoro Pri Hartono, bertempat di Kantor Pusat KLY, Jalan RP Soeroso No 18 Menteng, Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Kepala Desa (Kades) Bedoro Pri Hartono mengaku sangat bersyukur atas penghargaan itu, yang menjadi sejarah baru bagi desanya, karena mendapat penghargaan tingkat nasional sepanjang sejarah Desa Bedoro.

Menurutnya, pencapaian itu juga terasa sangat mengesankan lantaran hanya ada 9 desa yang meraih penghargaan serupa dari total 75.000 desa yang ada di Indonesia.

Alhamdulillah, penghargaan ini sebuah kebanggaan yang tak terkira bagi desa kami. Di Provinsi Jawa Tengah, hanya ada dua desa yang meraih, yakni Desa Bedoro, Kabupaten Sragen dan Desa Sewurejo, Kabupaten Karanganyar,” ungkapnya.

Salah satu poin penilaian yang menonjol dari Desa Bedoro, yakni inovasi pemberdayaan 25 warga penyandang disabilitas yang sukses dalam mengelola UMKM.

“Teman-teman difabel Desa Bedoro ini menjadi pionir yang sangat menginspirasi. Saat masa pandemi yang sangat sulit dan banyak mengharap bantuan seperti ini, justru mereka merasa mampu bersinergitas dengan Pemerintah Desa Bedoro,” ungkap Pri Hartono, bangga.

Tidak hanya itu, kaum difabel tersebut juga mampu menginspirasi warga penerima bantuan pemerintah untuk mengundurkan diri secara sukarela.

baca juga:  Sambut 1442 Hijriyah, Warga Mutiara Raya Krajankulon Gelar "Barikan"

Selain pemberdayaan difabel, inovasi Desa Bedoro dalam penanganan selama pandemi Covid-19 seperti stiker bagi warga yang sedang menjalankan karantina mandiri hingga program sayur gratis, juga turut melambungkan nama Desa Bedoro di tingkat nasional.

Camat Sambungmacan David Supriyadi mengapresiasi dan siap mendukung inovasi yang dilakukan semua desa di Kecamatan Sambungmacan, termasuk Bedoro. Khususnya dalam pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Kami sangat mendukung penuh inovasi semua desa, termasuk Desa Bedoro. Tapi, sebenarnya tujuan kami bukan untuk sekadar mencari penghargaan, namun kami ingin pandemi ini segera berlalu dan warga terhindar dari Covid-19,” kata Camat David Supriyadi.

Atas prestasi itu, David Supriyadi berharap, Desa Bedoro bisa mengembangkan inovasi di bidang lain sekaligus menjadi inspirasi untuk Desa lainnya.

Desa Bedoro meraih penghargaan setelah melalui penilaian yang dilakukan merdeka.com bekerjasama dengan empat lembaga pemerintah, yakni Kantor Staf Presiden (KSP) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi; Kementerian Koperasi dan UKM; dan Kementerian Komunikasi dan Informatika.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *