Pelanggan PDAM Sragen Capai 67.934 SR

NEWS

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasiline.com

JUMLAH pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Sragen sampai Selasa (6/4/2021) mencapai 67.934 sambungan rumah (SR).

Sebagai upaya meningkatkan jumlah pelanggan, PDAM Sragen akan memanfaatkan air Waduk Kedungombo (WKO) dan air Waduk Gondang Karanganyar untuk pelayanan distribusi air bersih.

Direktur Utama PDAM Tirtonegoro Sragen Supardi mengatakan, jumlah pelanggan tersebut bertambah dan berkurang.

“Tantangannya terletak pada adanya pengelolaan air secara swadaya oleh masyarakat. Sebaliknya, keberadaan Pamsimas justru tidak masalah, karena pengadaannya difasilitasi pemerintah,” ungkap Supardi pada media gathering dengan awak media di Resto Ramayana Sragen, Selasa (6/4/2021) siang.

Supardi menjelaskan, untuk menjangkau daerah yang belum terlayani, seperti Kecamatan Miri, Tangen, dan Jenar sekaligus untuk meningkatkan jumlah pelanggan pada 2023, kemungkinan pemerintah pusat akan memfasilitasi pembangunan pengolahan air WKO, karena PDAM Sragen sudah mengantongi Surat Izin Pengelolaan Air (SIPA).

“Dari SIPA itu kami mendapat jatah 150 liter per detik. Air tersebut untuk melayani warga di Kecamatan Miri, Sumberlawang, Gemolong, dan sebagian Tanon,” ujarnya.

Selain itu, Supardi menerangkan, untuk menjangkau daerah selatan, PDAM mendapat jatah pengelolaan air dari Waduk Gondang di Karanganyar sebesar 100 liter per detik. Aktivitas pekerjaan dari APBN dan pada 2021 mulai ada pekerjaan.

Dia menjelaskan, air dari Waduk Gondang itu nanti akan diolah di Mojokerto, Kedawung, dan kemudian didistribusikan di wilayah Kecamatan Kedawung hingga Karangmalang.

“Proyek itu kemungkinan selesai pada 2022,” katanya.

Sementara untuk menjangkau wilayah Jenar dan Tangen, Supardi sudah menyiapkan investasi jaringan, yang menyasar wilayah Jenar dulu, dengan memberikan subsidi pemasangan jaringan baru.

Dari hasil sosialisasi di Jenar, Supardi mengatakan, ada 60% warga per RT yang berminat untuk pasang jaringan PDAM yang airnya diambilkan dari reservoir di Sambungmacan.

baca juga:  Pilkada Blora Diikuti Tiga Paslon

Menurut Supardi, kandungan logam air di wilayah Kecamatan Jenar melampaui ambang batas kelayakan.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *