Bupati Arief Rohman Gandeng Ditjen Dikti Kemendikbud Bangun SDM-Ekonomi Blora

EDUKASI

Penulis: Yokanan
BLORA | inspirasiline.com

UPAYA penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Blora rupanya tidak hanya difokuskan pada pembangunan infrastruktur fisik saja, namun juga pembangunan sumber daya manusia (SDM) melalui jalur pendidikan agar mampu berdaya saing.

BUPATI Blora Arief Rohman (kiri) saat berbincang serius dengan Dirjen Dikti Kemendikbud RI Prof Ir Nizam.

Untuk itu, Bupati Blora Arief Rohman bersama Wakil Bupati Tri Yuli Setyowati bersilaturahmi ke Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Dirjen Dikti Kemendikbud RI) Prof Ir Nizam di Gedung D Ditjen Dikti kawasan Senayan, Jakarta, untuk merintis kerja sama, Kamis (22/4/2021) sore.

Bupati dan rombongan diterima langsung Dirjen Dikti Prof Nizam. Banyak permasalahan dan potensi Blora yang disampaikan Bupati kepada Dirjen Dikti, di antaranya ingin mengembangkan potensi pertanian, peternakan, dan pengembangan kawasan hutan dengan menggandeng perguruan tinggi.

“Kemiskinan Blora ini masih zona merah, sekitar 11,9 persen di atas rata-rata Jawa Tengah dan nasional. Oleh sebab itu, dengan mayoritas rakyat kita petani dan peternak sekitar hutan, maka kita ingin menjalin kerjasama dengan Ditjen Dikti untuk pengembangan pertanian, peternakan, dan pengembangan kehutanan secara bersama-sama, yang muaranya untuk penanggulangan kemiskinan,” terang Bupati.

“Kami sudah merintis adanya kerjasama dengan UGM dan IPB, yakni Bengkel Sapi-nya Prof Agus Ali, Dekan Fakultas Peternakan UGM dan Sekolah Peternakan Rakyat (SPR) dengan Prof Muladno, guru besar IPB. Ke depan kita ingin agar Ditjen Dikti bisa mendorong perguruan tinggi lainnya untuk membantu Blora di ketiga sektor tadi,” sambung Bupati Arief.

Mendengar penjelasan Bupati, Prof Nizam yang juga guru besar Teknik Sipil UGM Yogyakarta, menyambut baik dan menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dengan Pemkab Blora.

“Tadi sudah banyak yang disampaikan Pak Bupati, kita bahas bersama dan konsepnya bagus. Yakni ingin membangun perekonomian daerah berbasis pertanian, peternakan, dan kehutanan. InsyaAllah kami siap membantu, bisa diakselerasikan dengan platform yang ada di Kemendikbud, khususnya Dikti,” ujar Prof Nizam.

baca juga:  Bupati Apresiasi Kesiapan UPBJJ-UT Semarang Ikut Bangun SDM Blora

Usai pertemuan, keduanya sepakat untuk menyusun pola kerja sama agar ke depan keberadaan Ditjen Dikti, perguruan tinggi, masyarakat, dan dunia industri bisa saling membantu.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *