Penanganan Covid-19, Grobogan Tindaklanjuti Arahan Panglima TNI-Kapolri

NEWS

Penulis: Joko Widodo
GROBOGAN | inspirasiline.com

SEBAGAI upaya tindak lanjut penanganan Covid-19 dan mengacu arahan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang berkunjung di Kabupaten Grobogan, beberapa hari lalu, melalui Surat Edaran (SE) Bupati No 320/1280/2021 tanggal 8 Juni 2021 tentang Pemberlakuan Pengetatan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro dan Pengoptimalan Posko Penanganan Covid-19 di Tingkat Desa/Kelurahan untuk pengendalian penyebaran Covid-19 di Kabupaten Grobogan, Bupati Sri Sumarni memerintahkan kepada Forkopimda dan semua dinas untuk berperan dan mendukung SE Bupati tersebut.

Satpol PP diperintahkan untuk melakukan operasi yustisi, Dinas Kesehatan (Dinkes) diminta untuk mengoordinasikan peningkatan tempat tidur (TT) rumah sakit pemerintah dan swasta, baik TT ICU dan TT isolasi minimal 30%, serta penyiapan SDM kesehatan.

PETUGAS Posko Godong melakukan tes swab antigen kepada seorang warga Demak yang akan memasuki wilayah Grobogan.

Sedangkan Dinas Bapermasdes diminta untuk memastikan semua kepala desa melaksanakan laporan harian jumlah warga yg terkonfirmasi Covid-19, yang dirawat di rumah sakit dan yang isolasi mandiri, serta warga yang telah di-swab antigen.

Untuk mencegah penularan Covid-19 melalui mobilitas masyarakat yang keluar-masuk dari dan ke Grobogan, mengingat juga kabupaten tetangga masih zona merah, maka di perbatasan Grobogan didirikan posko pemeriksaan dengan tes swab antigen yang dijaga petugas gabungan dari Koramil, Polsek, Puskesmas, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Mereka diminta bertugas 24 jam selama seminggu, mulai Kamis (10/6/2021).

SE Bupati tersebut juga memerintahkan untuk dilakukannya penyekatan di daerah perbatasan Grobogan dengan kabupaten tetangga, yakni dengan mendirikan posko pemeriksaan di Kecamatan Godong, yang berbatasan dengan Demak; Wandankemiri Klambu, yang berbatasan dengan Kudus; dan Jatipohon, yang berbatasan dengan Kabupaten Pati.

Kemudian setiap kepala desa dan kelurahan diminta untuk.melaksanakan gerakan “Grobogan Sehari di Rumah Saja” pada Minggu (13/6/2021), yang dimulai pukul 05.00 sampai 05.00, Senin (14/6/2021).

baca juga:  Cegah Kerumunan, Misa Natal Dibagi Empat Gelombang

“Di hari itu, pasar, warung makan, toko, dan mal diminta untuk menutup kegiatannya,” ungkap Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Grobogan Jatmiko saat diminta keterangannya.***

Bagikan ke:

1 thought on “Penanganan Covid-19, Grobogan Tindaklanjuti Arahan Panglima TNI-Kapolri

  1. YTH. PEMERINTAH PUSAT SAMPAI KABUPATEN KOTA DI SELURUH INDONESIA.
    Kami ingin memberikan masukan atau cara yang lebih efektif untuk penanggulangan penyebaran virus covid-19 yang semakin hari semakin sulit dikendalikan, bahkan di seluruh Indonesia penyebarannya jumlah korban semakin hari bertambah.
    Pembatasan sosial berskala besar , kegiatan desinfejatan /penyemprotan area publik juga tidak membawakan dampak. Sia sia saja. Kalau boleh berpendapat bahwa yang lebih efektif adalah mengeluarkan peraturan pemerintah atau Perda yang secara jelas melarang elemen masyarakat yang menyelenggarakan pesta resepsi pernikahan ataupun hajatan yang dengan semgaja menghadirkan banyak orang . Penetapan sanksi yang jelas bahkan sampai kurungan bisa saja dilakukan agar masyarakat menjadi sadar. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *