Besok, 34 Warga Plupuh Ikuti Vaksinasi Covid-19 Gratis di Puskesmas Gemolong

NEWS

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasilne.com

SEBANYAK 34 warga dari 16 desa di Kecamatan Plupuh yang mendaftar melalui Polsek Plupuh, Rabu (23/6/2021) besok akan mengikuti penyuntikan vaksin Covid-19 gratis tahap pertama di Puskesmas Gemolong, Kabupaten Sragen.

Kapolsek Plupuh Iptu Suparno menjelaskan, vaksinasi gratis tersebut merupakan program Polres Sragen dalam rangka membantu pemerintah untuk  pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sragen. Polres Sragen menyiapkan 1.340 dosis vaksin Covid-19 untuk masyarakat umum usia di atas 18 tahun.

“Besok itu pelaksanaan vaksinasi pertama di Eks Kawedanan Gemolong, meliputi Kecamatan Gemolong, Tanon, Sumberlawang, Miri, Kalijambe, dan Plupuh, dipusatkan di Puskesmas Gemolong. Jatah vaksinnya 670 dosis,” ungkap Kapolsek Plupuh Iptu Suparno saat ditemui inspirasiline.com di ruang kerjanya, Selasa (22/6/2021) seraya menambahkan bahwa besok jatah vaksin untuk 200 orang dulu, lainnya menunggu giliran.

Data yang dihimpun inspirasiline.com, Kamis (24/6/2021), vaksinasi gratis untuk Eks Kawedanan Gondang, meliputi Kecamatan : Gondang, Ngrampal, Sambirejo, dan Sambungmacan, sebanyak 130 dosis, dipusatkan di Puskesmas Ngrampal.

Hari berikutnya, Jumat (25/6/2021) di Eks Kawedanan Gesi, meliputi  Kecamatan Gesi, Tangen, Sukodono, Mondokan, dan Jenar, sebanyak 170 dosis, dipusatkan di Puskesmas Sukodono.

Sedangkan di Eks Kawedanan Sragen, meliputi Kecamatan Sragen, Karangmalang, Masaran, Sidoharjo, dan Kedawung, dipusatkan di Puskesmas Sragen, sebanyak 170 dosis. Vaksinasi akan dilaksanakan Sabtu (26/6/2021) mendatang.

“Untuk masyarakat umum dengan usia di atas 18 tahun, silakan datang ke Polsek dengan membawa KTP atau KK. Bisa juga daftar melalui Bhabinkamtibmas. KTP/KK itu untuk bahan pembuatan sertifikat sudah divaksin dan 14 hari kemudian datang lagi ke Puskesmas untuk vaksinasi kedua,” ungkap Kapolsek Plupuh Iptu Suparno mewakili Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi.

baca juga:  Bupati Gelar Pengajian, Haruskah Warga Patuhi Perbup No 54/2020?

Iptu Suparno meminta warga tidak khawatir tak kebagian vaksin, karena pada awal Juli mendatang rencananya akan ada bantuan sekitar 10.000 dosis vaksin lagi di Sragen. Dengan begitu, warga yang sudah mendaftar dan belum divaksin akan diikutkan dalam vaksinasi berikutnya.

Disinggung tentang kendala, Kapolsek Plupuh Iptu Suparno mengatakan, ada satu-dua orang yang tidak mau divaksin dengan berbagai alasan. Tapi setelah diberi pengertian oleh Bhabinkamtibmas beserta Babinsa dan Bidan Desa, didampingi Satgas Covid-19 tingkat kecamatan dan desa, akhirnya sadar dan mau daftar untuk divaksin.

“Bhabinkamtibmas itu keliling dari rumah ke rumah untuk menyadarkan masyarakat yang belum paham tentang manfaat setelah divaksin dan bahayanya Covid-19,” ujar Kapolsek Plupuh Iptu Suparno.

Menurut Iptu Suparno, di tengah masyarakat beredar informasi yang tidak pas tentang vaksin dan Covid-19.

Lha info itu oleh warga yang belum paham betul tentang manfaat setelah divaksin dan Covid-19, diterima mentah-mentah. Hal itu yang kadang menyulitkan, sehingga perlu diberi pengertian yang pas. Apa itu vaksin dan bahayanya Covid-19,” ujar Iptu Suparno.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *