Sempat Bikin Bupati HM Al Khadziq Menangis, Kini Krisis Oksigen Teratasi

NEWS

Penulis: Budhy HP | Editor: Dwi NR
TEMANGGUNG | inspirasiline.com

BUPATI HM Al Khadziq sempat menangis ketika mengetahui ketersediaan oksigen di RSUD Temanggung tinggal 3 jam ke depan pada akhir Juni 2021.

Namun dengan usaha keras serta meminta bantuan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, krisis oksigen di Kabupaten Temanggung kini teratasi dengan adanya suplai oksigen 2 ton dan 100 tabung dari Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Direktur RSUD Temanggung Tetty Kurniawati mengatakan, dengan terus meningkatnya jumlah pasien yang berdatangan, kebutuhan oksigen juga terus meningkat. Selain itu, RSUD kembali menambah 22 tempat tidur untuk pasien Covid-19 serta menyiapkan 45 tempat tidur cadangan.

“Dengan adanya peningkatan jumlah pasian, artinya juga harus diiringi dengan peningkatan segala macam yang dibutuhkan, termasuk oksigen dan obat-obatan serta APD,” ungkapnya, Senin (5/7/2021).

Membaca situasi ketersediaan oksigen yang tipis tersebut, pihak RSUD Temanggung sempat menunda operasi, karena kekhawatiran jika tidak kecukupan oksigen.

Maka, dengan mengomunikasikan kepada Gubernur Ganjar Pranowo, Temanggung berhasil mendapatkan oksigen dari Kabupaten Kendal.

Kendati cadangan oksigen bisa mencukupi sampai dua pekan ke depan, Pemkab Temanggug terus berupaya mencari sistem pendukung untuk menambah ketersediaan stok. Mengingat, jumlah kasus Covid-19 tidak bisa diprediksi dan malah terus merangkak naik. Di sisi lain, RSUD Temanggung terus menambah ruang isolasi untuk pasien Covid-19.

Hingga saat ini jumlah pasien Covid-19 yang dirawat dan menjalani isolasi di RSUD Temanggung sebanyak 118 orang. Jumlah tersebut, menurut Tetty Kurniawati, akan terus meningkat jika melihat kondisi saat ini.

Tak hanya itu, Tetty juga mengungkapkan, sudah banyak tenaga kesehatan (nakes) dan karyawan RSUD yang terpapar Covid-19. Setidaknya sudah ada 31 nakes di RSUD Temanggung terpapar, dari total 860 karyawan.***

Bagikan ke:
baca juga:  Sumur Kering, Warga Kragilan Gugat Direktur PDAM-Bupati Sukoharjo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *