Kasus Menurun, Angka Kematian Covid-19 Cenderung Naik

NEWS

Penulis: Supriyani | Editor: Dwi NR
SUKOHARJO | inspirasiline.com

KASUS Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo mulai menurun, namun angka kematian akibat terpapar Covid-19 cenderung naik selama beberapa pekan terakhir.

Hal itu menjadi perhatian serius Pemkab Sukoharjo, agar kasus Covid-19 turun, namun juga diikuti menurunnya angka kematian.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Satgas Covid-19 Kabupaten, jumlah akumulatif pasien positif yang meninggal dunia per Sabtu (21/8/2021) sebanyak 771 orang.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sukoharjo dr Yunia Wahdiyati mengakui, angka kasus Covid-19 mulai menurun. Indikatornya adalah tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 juga turun sekitar 70 persen.

“Dalam beberapa hari terakhir ini hanya ada kasus baru sekitar 80-an. Padahal pada pekan sebelumnya sempat mencapai 140 hingga 150-an kasus,” ujarnya.

Tidak hanya di Sukoharjo, tingginya angka kematian Covid-19 juga terjadi hampir di setiap daerah di Jawa. Ada beberapa penyebab tingginya angka kematian Covid-19, yakni pasien positif terlambat mendapat perawatan.

“Untuk kasus kematian akibat Covid-19 itu merata di Pulau Jawa, dan rata-rata akibat terlambat penanganan,” katanya.

Bupati Sukoharjo Etik Suryani juga menyebut, kasus Covid-19 mulai melandai. Hal itu terlihat dari pasokan pengisian oksigen, baik di rumah sakit maupun di tempat pengisian sudah tidak ada lagi antrean.

“Semoga saja kasus Covid-19 di Sukoharjo mulai menurun. Dan itu terlihat di rumah sakit, pasokan oksigen tidak lagi indent, termasuk keterisian juga menurun,” ujar Bupati Etik Suryani.

Sementara terkait tingkat kematian yang masih tinggi, Bupati Sukoharjo Etik Suryani berharap, masyarakat tetap waspada dan sekecil apapun keluhan, untuk segera memeriksakan diri di rumah sakit atau Puskesmas terdekat.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *