DPPKBP3A Gelar Sosialisasi Konvensi Hak Anak

NEWS

Sukoharjo

Pemkab Sukoharjo melalui Dinas Pengendalian Peduduk, KB, dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) menggelar sosialisasi Konvensi Hak Anak dimana menurut versi anak memiliki total 54 pasal.
Dari jumlah itu, pasal 43-54 berisi kerja sama yang bisa dilakukan orang dewasa dan pemerintah agar hak semua anak dapat dipenuhi.

Kepala DPPKBP3A Sukoharjo, Proboningsih Dwi Danarti, mengatakan pemerintah dituntut memberikan pelayanan inovatif untuk pemenuhan dan perlindungan anak dengan melibatkan lintas sektoral demi mewujukan Kabupaten Layak Anak (KLA) di Sukoharjo.

“Ada 10 inovasi KLA yang dilakukan OPD maupun komunitas masyarakat. Fasilitas penunjang pemenuhan hak anak juga ditambah di setiap desa/kelurahan,” kata Probo dalam sosialisasi, Selasa 23 November 2021 digedung Menara Wijaya lantai 10.

Dalam kegiatan ini ada 5 pengelompokan atau clustering yang dijadikan fokus untuk pemenuhan hak anak dan pencegahan kekerasan terhadap anak mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa/kelurahan.

Narasumber sosialisasi, Yuli Sulistyanto dari Yayasan SETARA Semarang menyampaikan, ada tiga hal yang harus dicermati oleh pemerintah untuk mencegah potensi pelanggaran dan pemenuhan hak anak.

“Pertama, apakah kebijakannya dalam peraturan daerah (Perda) sudah mengakomodir melindungi kebutuhan anak. Kedua adalah struktur, atau gugus tugas KLA yang bisa mengakomodir peran masing – masing sesuai tugasnya,” ujar Yuli.   (Prie)

Bagikan ke:
baca juga:  Bagikan Sembako, WES “Ngalahi” Sambangi Rumah Penerima

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *