16 Kapal Terbakar di Tegal, Pemilik Kapal Mengalami Kerugian Milyaran rupiah ABK Terancam Nganggur

NEWS

Tegal-Inspirasiana.com. Musibah kebakaran kapal yang terjadi  pukul 04.30 WIB di Pelabuhan Kota Tegal, hingga Sabtu malam  (29/1/2022) petugas masih belum berhasil memadamkan kobaran api.

Kobaran api masih terlihat menyala dari kapal-kapal yang menjadi korban sambaran si jago merah, namun demikian kondisi kobaran apinya sudah mulai menurun dibandingkan dengan kondisi rbelumnya Sejumlah petugas pemadam kebakaran masih terus melakukan upaya pemadaman api yang sudah menghanguskan belasan kapal tersebut.

Kapolres AKBP Rahmad Hidayat, S.S yang turun langsung di lokasi kebakaran menjelaskan, bahwa kondisi terkini pada pukul 21 WIB kobaran api masih belum berhasil dipadamkan secara penuh, namun demikian kondisinya sudah lebih landai bila dibandingkan dengan kejadian tadi siang. Petugas gabungan hingga saat ini juga masih terus berupaya melakukan pemadaman terhadap kobaran api yang masih menyala dan membakar puing-puing kapal.

“Kendala yang dihadapi dalam upaya pemadaman, lanjut Kapolres, karena banyaknya kapal yang berlabuh dan posisinya saling berdekatan, kondisi angin yang cukup kencang sehingga kobaran api cepat menjalar dengan mudah. Ditambah lagi kapal-kapal yang terbakar itu terbuat dari kayu dan fiber serta banyaknya muatan kapal yang mudah terbakar seperti jaring, jerigen, bahan makan dan bahan bakar solar, “ungkap Kapolres.

Sementara untuk menyelamatkan kapal-kapal lain yang belum terbakar, lanjut Kapolres, kita berupaya dengan membuka alur kapal untuk keluar, agar satu persatu kapal bisa bergeser menjauh dari titik lokasi kebakaran.

“Walaupun kondisi saat ini api masih belum berhasil dipadamkan, akan tetapi kondisinya sudah jauh lebih aman, karena kita sudah berhasil melokalisir titik api dengan cara menarik kapal-kapal yang terbakar ke pinggir pelabuhan dan menjauhkan dari kapal-kapal yang lain sehingga dapat mempermudah dalam upaya pemadaman apinya,” terangnya.

baca juga:  Menkumham Yasonna Laoly : UU Pemasyarakatan Untuk Perkuat Keadilan Restoratif

Kapolres menyebutkan, bahwa kita dari petugas gabungan sudah sangat maksimal dalam upaya pemadaman dengan mengerahkan sarana mobil pemadam kebakaran baik dari tim kebakaran Kota Tegal, Kabupaten Tegal dan Brebes.

“Dalam upaya pemadaman kita sudah mengerahkan seluruh sarana yang ada berupa armada pemadam kebakaran dari Kota Tegal 5 unit, Kabupaten Tegal 3 unit, Brebes 3 unit dan 1 unit mobil Whater Canon dari Polres Tegal Kota, “jelasnya.

Sementara dari hasil pendataan bahwa hingga sore ini jumlah kapal yang menjadi korban kebakaran sebanyak 16 unit kapal nelayan. Dengan rincian untuk nama-nama pemilik kapal dan nama kapal yang terbakar sebagai berikut :

a. Milik H.Tambari 2 kapal

1. KM. Dadi Along I (Gilnet)

2. KM. Puji Syukur Jalitong (Cantrang)

b. Milik Katijan Andriana (Sumber Laut) 2 Kapal:

1.KM. Cakra Utama GT.97 (Pursin) Kapal tidak beroprasi

2.KM. Karya Utama GT.30 (Cumi)

c. Milik Wakhyudin 1 Kapal

– KM. Barokah Jaya 2 (Cantrang)

d. Milik BOB (Elang) 1 kapal

– KM. Nata Amanat

e. Milik Sakana 6 Kapal

1. KM. Bintang Mas Jaya (Pursin)

2. KM. Bintang Anugrah (Pursin)

3. KM. Bintang Mas Cahaya (Cumi)

4. KM. Bintang Mas Mentari (Cumi)

5. KM. Bintang Terang (Cumi)

6. KM. Bintang Jaya Bersinar (Cumi)

f. Milik Sekhun 3 Kapal

(Nama kapal belum diketahui)

g. Milik H. Kodir 1 Kapal

– KM. Kartika 7

Meski belum secara pasti, nsmun  akibat amukan si jago.merah dipetkirakan  mencapai puluhan milyard rupiah serta ancaman pengangguran bagi anak buah kapal (ABK) (Biet)

Bagikan ke:

1 thought on “16 Kapal Terbakar di Tegal, Pemilik Kapal Mengalami Kerugian Milyaran rupiah ABK Terancam Nganggur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *