BPBD Grobogan Luncurkan Program Terobosan Gema Utama dan Sigana

NEWS

Grobogan-Inspirasiline.com. Setelah diawali dengan kegiatan baik sosialisasi dan simulasi penanggulangan bencana yang menarik perhatian warga Grobogan beberapa waktu lalu, akhirnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan meluncurkan program unggulan Gema Utama dan Sigana. Peluncuran program inovatif tersebut dilakukan Bupati Grobogan Hj. Sri Sumarni, SH., MM di gedung Riptaloka Setda Grobogan, Rabu (11/5/22).

Hadir dalam acara tersebut selain Bupati, juga Forkompinda, Kepala Pelaksana BPBD Grobogan serta Ka OPD terkait. Program Gema Utama dan Sigana ini merupakan program strategi respon cepat dan terintegrasi dalam penanggulangan bencana di Kabupaten Grobogan.

Kepala Pelaksana BPBD Grobogan Endang Sulistyoningsih, ST., MT kepada Inspirasiline.com menjelaskan program terobosan yang diluncurkan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dalam penanggulangan bencana dan kecepatan dalam memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak bencana, sehingga masyarakat yang terdampak tersebut memperoleh perasaan yang tenang dan aman karena adanya pelayanan yang baik dalam penanganan bencana.

Kata Endang, bila masyarakat menemui bencana atau musibah di wilayah Kabupaten Grobogan, bisa melapor di panggilan 112 atau aplikasi berbasis Android “Sigana Grobogan”. Untuk memasyarakatkan program Gema Utama dan Sigana itu, saat ini BPBD Grobogan memasang hastag #Grobogan Tangguh # Siap Untuk Selamat, imbuh mantan Sekdin PUPR Grobogan itu.

Terpisah, Harto (50) warga Karanganyar kecamatan Purwodadi kab Grobogan mengaku senang sekaligus bangga dengan adanya program terobosan BPBD Grobogan karena keberadaannya memudahkan akses informasi dan bantuan sosial kepada masyarakat yang terkena bencana “Wah, dengan Call 112 itu, masyarakat semakin mudah untuk menginforrmasikan adanya bencana dan juga sekaligus kecepatan pemberian bantuan sosialnya” ucap Harto. Komentar yang sama juga datang dari Martin PMI Grobogan yang setiap waktu selalu bergelut dengan hal bantuan dalam penanggulangan bencana seperti banjir, kekeringan, tanah longsor, angin puting beliung “Siip sekarang BPBD Grobogan sudah memiliki nomor panggilan 112, bila ada bencana alam, masyarakat pasti sudah siap” kata Martin. ( jokowi)

Bagikan ke:
baca juga:  Jaga Kondusifitas Wilayah, Kapolres Blora Gelar Silaturahmi Perguruan Silat Silaturahmi Perguruan Silat Bersama Kapolres Blora

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *