Festival Tari Lengger Rayakan Hari Jadi Wonosobo

NEWS

Wonosobo-Inspirasiline.com. Suasana alun-alun kota Wonosobo hari kemarin sangat meriah dengan tumpah ruahnya ribuan  penonton menyaksikan festival tari Lengger yang digelar dalam  rangka memperingati hari jadi Kabupaten  Wonosobo yang ke 197.

Ratna Sulistyowati Kabid Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif Dispar Wonosobo mengatakan, berbagai kegiatan dilaksanakan dalam serangkaian peringatan hari jadi Wonosobo ke 197. Diantaranya adalah festival tari lengger, gerakan cinta lingkungan dan bersih lingkungan yang dipandu Dandim 0707 Wonosobo dan aneka atraksi hiburan lainnya.

Seniman muda sangat menjiwai nuansa budaya saat pementasan tradisi Topeng Lengger di alun alun Wonosobo.

Tema hari jadi Kabupaten Wonosobo yang ke 197 kali ini adalah Gumregah Makaryo Sesarengan. Selain festival kesenian rakyat berbagai kegiatan lainya juga menjadi agenda hari jadi Kabupaten Wonosobo  antara lain  Wonosobo ekspofestival, dolanan anak, Wonosobo bersholawat, Ruwatan, cukur rambut gembel, kembul genduri 1000 tenong,  lomba fotografi,  konser music,  liga sepakbola dan pasar rakyat.

“Sebanyak 12 kelompok kesenian yang terdiri dari 6 kelompok Kuda Kepang dan 6 kelompok Topeng Lengger dari berbagai daerah penjuru Wonosobo mengikuti festival kesenian rakyat khas Wonosobo ini”, tutur Ratna

Kabupaten Wonosobo berdiri 24 Juli 1825 sebagai Kabupaten di bawah Kesultanan Yogyakarta seusai pertempuran dalam Perang Diponegoro. Saat ini Wonosobo telah menjadi Daerah Tujuan Wisata (DTW) dengan destinasi unggulan Dataran Tinggi Dieng dan sekitarnya.

Penampilan sepasang Topeng Lengger bermain atraktif di panggung

Bagi Wonosobo tari Topeng Lengger dan tari kuda kepang merupakan kesenian tradisional khas yang masih eksis meski digempur oleh  kesenian modern. Hal ini karena pemerintah Kabupaten Wonosobo sangat konsen pada seni tradisional, diantaranya dengan menetapkan kesenian tari topeng lengger dan kuda kepang menjadi mata pelajaran muatan local di sekolah.

“Sudah menjadi tradisi, pada momen momen tertentu seperti peringatan hari jadi Kabupaten Wonoosobo, kesenian Topeng Lengger ini mendapat tempat tersendiri untuk ditampilkan dalam aksi festival kesenian rakyat”, tandas Ratna.

baca juga:  Operasi Ketupat Candi Tahun 2022, Polres Blora Tingkatkan Patroli Bermotor Bersenjata

Setelah vakum selama dua tahun akibat pandemi covid -19 kini kesenian kuda kepang dan tari topeng lengger ditampilkan lagi dalam gelaran festival kesenian rakyat dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Wonosobo yang ke 197 tahun 2022.

Antusiasme masyarakat untuk menonton kesenian tari  Lengger ini luar biasa. Uniknya para penonton  dan pelaku tarian ini mayoritas anak muda baik pengrawit maupun penarinya.

Pada kegiatan bersih kota yang dilaksanakan Kodim 0707/ Wonosobo bersama instansi yang lain mendapat  tugas bersih lingkungan di areal sekitar alun-alun Wonosobo.

Dalam kesempatan tersebut Dandim 0707/Wonosobo Letkol Inf Rahmat menyampaikan kegiatan bersih–bersih lingkungan ini sangatlah baik diterapkan dalam kehidupan sehari–hari.

“Dengan lingkungan bersih kita bisa hidup sehat, nyaman dan betah tinggal disana untuk menikmati alam Wonosobo yang indah dan sejuk”, tutur Dandim. (Budhy HP)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *