Seribu Seniman Semarakkan Pawai Kesenian Temanggung

NEWS

Temanggung-Inspirasiline.com. Seribu seniman bakal memeriahkan peringatan HUT RI 77 Kabupaten Temanggung Kamis pagi  18 Agustus 2022. Start pukul 08.00 WIB di depan Telkom Temanggung, pawai kesenian akan menuju alun alun Temanggung dan melanjutkan route di dalam kota. Tak ketinggalan setiap camat dari 20 kecamatan juga menghadirkan minimal 1 kelompok kesenian untuk ikut pawai.

Dalam pementasan tersebut nantinya akan ada  dua grup kesenian yang akan melakukan penampilan spesial. Yaitu, Satria Bumi Phala dan Sanggar Door Anom dengan jenis kesenian garapan atau kreasi para seniman Temanggung.

Area Tugu Jam Temanggung juga jadi lokasi atraksi kesenian menghibur penonton di sepanjang route pawai

Gelar Pawa Seni Merdeka tersebut tidak lepas dari upaya pemerintah kabupaten Temanggung untuk mengembangkan kreatifitas seni, yang dimulai dengan pengucuran bantuan hibah dana 6,4 milyar rupiah pada tahun 2020.

Pada Pawa Seni Merdeka tersebut, setiap kelompok kesenian beranggotakan 40 hingga 45 orang penari. Ditambah, puluhan niyaga atau pengrawit dalam setiap grup yang disertai pengombyong, serta reog Ponorogo.

Pentas reog ponorogo di depan panggung kehormatan

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Temanggung Saltiyono Atmaji menuturkan, Pawai Seni Merdeka dikemas dengan mengedepankan artistik dalam penampilan setiap kelompok kesenian.

“Para pelaku UMKM juga akan menjajakan makanan tradisional khas Temanggung seperti ento cotot, sego jagung, cetil, ndas borok, ndog gludug, dan lainnya. Harapannya, dari acara ini akan mengangkat perekonomian masyarakat”, tutur Saltiyono.

Para penjaja makanan tradisional akan berada di sekitar Alun-alun dimana masyarakat berkumpul untuk menyaksikan jalannya pawai kesenian yang berangkat dari depan Telkom Temanggung.

Pawai kesenian akan melintas epanjang Jalan Jenderal Sudirman dan ada tempat pertunjukan atau panggung kehormatan di depan BCA. Mereka beratraksi sesuai kekhasan budaya masing masing kelompok kesenian.

Penampilan kesenian Sorengan yang gerakannya mirip Kubra Siswa

Menurut Korlap Pawai Seni Merdeka Roy Suroyo, Parade Seni Merdeka ini memiliki nilai lebih dibandingkan dengan acara serupa sebelumnya. Kali ini akan menampilkan seluruh kesenian yang ada di Kabupaten Temanggung bukan hanya jaran kepang dan topeng ireng saja, namun ada banyak ragamnya seperti wulang sunu, wulang nggato, gatholoco , rampak buto, buto gedrug, warokan dan reog ponorogo.

baca juga:  Dari Peristiwa Dugaan Perundungan Anak Di Harjowinangun Grobogan, Kedua Belah Pihak Orangtua Sudah Berdamai

Di depan panggung kehormatan kelompok-kelompok seni ini akan tampil secara atraktif dan inovatif, sehingga penonton bisa menyaksikan gerak tari setiap kelompok kesenian yang ada. Hal ini sekaligus untuk mengakomodir keinginan para seniman untuk tampil dihadapan publik setelah selama 2 tahun tidak melakukan pentas kesenian.

Inilah daftar kelompak kesenian per kecamatan .  Blendrong dari Kecamatan Bansari, Jaran Kepang Turonggo Jampi dari Kecamatan Temanggung, Jaran Kepang (Jumo), Minak Koncer Tri Tunggal Budi Utomo (Kaloran), Gambus Peksi Muda Merdeka (Bulu), Bangilun Warga Santoso (Kledung), Kubro Siswo (Kedu), Reog Ponorogo (Tlogomulyo), Soreng Mudo Krido Budi Utomo (Pringsurat), Ghatoloco (Kandangan), Tari Warok TRJ (Wonoboyo), Seni Baduwi Bintang Sembilan (Tembarak).

Kemudian ada Topeng Panji Butan (Selopampang), Jaran Kepang (Ngadirejo), Lengger (Candiroto), Warokan Turangga Muda Sekar Budaya (Bejen), Dolalak Satria Muda (Gemawang), Topeng Ireng Mekar Rimba (Parakan), Topeng Loreng dari Kecamatan Tretep. (Budhy HP)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *