Linmas Desa Parakan Ikuti Diklat PBB-Wawasan Kebangsaan

NEWS

Penulis: Eko Purwanto
KENDAL | inspirasiline.com

SEBANYAK 30 anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Desa Parakan, Kecamatan Rowosari, Kabupaten Kendal dibekali Pelatihan Baris-Berbaris (PBB) dan Wawasan Kebangsaan di Gunung Tidar, Magelang, Sabtu (13/3/2021).

Pendidikan dan Latihan (Diklat) Linmas ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta lebih meningkatkan profesionalitas personel Linmas dalam menangani permasalahan yang terjadi di desa.

“Kami berharap, setelah diadakan Diklat Linmas ini untuk meningkatkan kinerja di lingkungan desa dan dapat menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungan desa,” kata Kepala Desa Parakan H Dul Said.

DANRAMIL Rowosari Cahyo Suyatno dan Kapolsek Rowosari AKP Zaenal Arifin bersama Kepala Desa Parakan H Dul Said.

Dul Said menambahkan, sebelum dilakukan pengambilan sumpah setia Linmas, diadakan upacara pembukaan Diklat Linmas dan ziarah ke makam para leluhur.

“Sebelum pengambilan sumpah setia Linmas, kami mengajak untuk berziarah ke Makam Syeh Subakir, Kiai Sipanjang, dan Ki Sabda Palon atau Ki Semar,” ungkapnya.

Danramil Rowosari Cahyo Suyatno menjelaskan, kegiatan ini untuk memberikan Pelatihan Baris-Berbaris (PBB) kepada Linmas Desa Parakan, agar Linmas dalam menghadapi tantangan tugas ke depan semakin baik.

“Kegiatan ini untuk menuntut kesiapan Linmas agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi desanya,” tuturnya.

Sementara Kapolsek Rowosari AKP Zaenal Arifin menambahkan, peran Linmas di tingkat desa sangat diperlukan untuk menjaga kamtibmas.

“Dengan Pendidikan Dasar Wawasan Kebangsaan dan menjaga kamtimbas di lingkungan wilayah Kecamatan Rowosari, peran Linmas sangat membantu TNI dan Polri dalam pencegahan terjadinya anarkisme di tingkat desa,” pungkasnya.***

Bagikan ke:
baca juga:  Muncul Klaster Baru, Tak Pakai Masker Bakal Didenda Rp 50 Ribu

1 thought on “Linmas Desa Parakan Ikuti Diklat PBB-Wawasan Kebangsaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *