Bekerja sama dengan Greenpeace PD IPM Banjarnegara Adakan Dialog Ekologi

NEWS

Banjarnegara-Inspirasiline.com. PD IPM Banjarnegara bidang Advokasi dan Kebijakan Publik bekerja sama dengan Greenpeace menyelenggarakan dialog ekologi “Bencana Dimana-mana, Kita Harus Bagaimana?” (03/12/2022). Seminar nasional ini diselenggarakan sebagai bentuk respon atas banyaknya musibah yang menimpa saudara-saudara kita dalam hal ini berkaitan dengan bencana alam (seperti gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu) serta bencana lain seperti tanah longsor, banjir, tsunami, dan lain sebagainya.

Pemateri memaparkan materi

Abi Umaroh dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan utama dari dialog ekologi ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi dan mitigasi kita tentang kebencanaan yang nantinya akan dipaparkan secara rigid oleh kedua pemateri. Adapun pemateri yang menjadi pemantik dalam ekologi kali ini yaitu Iqbal Damanik (aktivis greenpeace) memaparkan tentang upaya preventif yang bisa dilakukan pelajar dalam menjaga kelestarian lingkungan dan IPMawan Muhammad Arif Saefudin (Ketua Bidang Lingkungan Hidup PW IPM Jateng) menjelaskan tentang kondisi hutan secara luas di Indonesia, bencana alam dan faktor-faktor yang menyebabkannya.

Dilaksanakan secara virtual, jumlah partisipan yang bergabung dalam dialog ekologi ini mencapai kurang lebih 300 peserta dan hal tersebut menjadi bukti bahwa persaudaraan antar sesama umat Islam ini sangat erat ikatannya, mereka menunjukkan simpati yang tulus dengan turut berdonasi untuk saudara kita di Cianjur melalui rekening PD IPM Banjarnegara yang sengaja kami buka untuk open donasi.

Potter Dialog Ekologi

“Semoga partisipan yang hadir dalam dialog ekologi ini menjadi lebih sadar serta peduli terhadap lingkungan. Selain itu, bagi partisipan yang telah mengikuti seminar ini harapannya dapat memanfaatkan ilmunya dengan baik dan menyampaikannya kepada orang lain sehingga dapat memunculkan inovasi-inovasi dalam diri pelajar pada khususnya dan peserta pada umumnya. Mari bersama-sama jaga stabilitas alam semesta untuk kehidupan yang sejahtera!” ungkap Wahyu Nur Isnaeni selaku Ketua Bidang Advokasi PD IPM Banjarnegara.

“Bumi bukanlah warisan, melainkan pinjaman dari anak cucu kita. Oleh karena itu, kita perlu mengembangkannya dengan keadaan sebaik mungkin. Mari bersama-sama menjaga bumi kita tercinta,” tandas IPMawan Arif. (Mawar Ledya Serli (Anggota Bidang PIP PD IPM Banjarnegara))

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *