380 Pramuka Siaga Ikuti Gelaran Pesta Siaga Kwarcab Sragen

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Setelah melewati Pandemi Covid-19 beberapa Tahun lalu, akhirnya Kwartir Cabang (Kwarcab) Sragen kembali menggelar Pesta Siaga dengan penuh kemeriahan dan keceriaan. Pesta Siaga diselenggarakan di MTs Negeri 4 Plupuh, Sragen dibuka Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati selaku Kamabicab Sragen dengan melepas Puluhan Balon Warna-Warni ke Udara Rabu (1/3/2023).

“Pesta Siaga merupakan Wahana Kegiatan Pertemuan Pramuka Siaga yang menjadi sarana Saling Mengenal, Menambah Teman dan Pengalaman Sesama Pramuka se Kwarcab Sragen.” Ungkap Camat Plupuh Eddy Purwanto yang juga sebagai Kamabiran Plupuh.

Dalam laporannya Edy Purwanto  menyampaikan Pesta Siaga Tahun 2023 diikuti oleh Barung-Barung Tergiat Hasil Seleksi Pesta Siaga Ranting se Kwarcab Sragen. Setiap Kwaran mengirimkan 8 Putra Siaga, 8 Putri Siaga, 2 Pembina Pendamping dan 1 Pimpinan Kontingen dengan Jumlah keseluran 380 Anak.

Edy Purwanto  menambahkan bagi Peserta/Barung yang telah mengikuti Seleksi Terbaik akan mewakili Kwarcab Sragen pada kegiatan Pesta Siaga Tingkat Binwil Surakarta yang akan dilaksanakan pada 11 Maret 2023 di Kwarcab Sukoharjo.

Ka Kwarcab Sragen Suwardi mengatakan, Pesta Siaga merupakan Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Permainan, Ketangkasan, keterampilan dan Pengetahuan Anak-Anak.

“Pesta Siaga itu tidak ada Kemah. Karena kegiatan ini hanya Permainan, Ketangkasan, keterampilan dan Pengetahuan Anak-Anak. SD ( Sekolah Dasar) Usia Siaga. Dan kenapa di laksanakan di Kwaran Plupuh? Kegiatan ini Sifatnya Rutin dan Berputar Berganti Seluruh Ranting/kwaran se Kabupaten Sragen. Plupuh menjadi Putaran terakhir dalam Kegiatan Pesta Siaga Tahun 2023 dan akan dibicarakan lagi dimana digelar Tahun berikutnya.” Jelasnya.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam sambutannya mengatakan, Anak-Anak Sekolah harus mengikuti Kegiatan Pramuka. Anak-Anak harus bisa menjadi Contoh yang baik baik bagi Teman-Temannya yang belum ikut Pramuka.

baca juga:  Kapal Cantrang Asal Juwana Di Bakar Massa Di Tanah Laut Kalsel

“Anak-Anak harus ikut Pramuka karena dengan Pramuka akan membentuk Karakter dan Pribadi yang baik. Nanti jika sudah besar dan berhubungan dengan Dunia yang lebih luas, Pegangan Kalian adalah karakter yang baik. Karakter yang berbudi luhur menjadi yang menjaga Bangsa untuk tetap menjadi Bangsa yang kuat dan hebat.” Ungkapnya.

Menurutnya Tahun 2035 Indonesia akan mengalami Bonus Demografi dimana Usia Produktif dalam hal ini Anak-Anak Muda akan lebih banyak dari Usia Lansia dan Balita.

“Kedepan, kalian nanti yang akan meneruskan Bangsa ini. Mulai dari sekarang ayo persiapkan diri sebaik-baiknya bergaul dengan Teman-Teman yang memberikan Dampak Positif dan Lingkungan yang bisa membangun Karakter kita.” Ungkapnya menjelaskan

Yuni sapaan akrab Bupati Sragen itu meminta, agar Anak-Anak mempunyai Sifat Toleransi dengan Agama lain dan Kepercayaan apapun. Dengan belajar bertoleransi Yuni  berharap dapat membentuk Karakter Anak untuk membangun Bangsa Indonesia ke depan menjadi lebih baik.

“Kalian Wajib berteman dengan siapapun juga meskipun Teman kalian berbeda Agama dan Kepercayaan. Kita harus hidup Rukun Bertoleransi karena dengan Bertoleransi dapat menjaga dan membangun Negara ini lebih baik lagi.” Harapnya.

Pesta Siaga diawali dengan Upacara Pembukaan dan Pengukuhan Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus) Gerakan Pramuka Kwarcab Sragen Tahun 2023 sebanyak 86 Orang. Selain itu acara diisi dengan Permainan-Permainan di Taman-Taman Kegiatan seperti Taman Ketaqwaan, Taman Kerapian Berpakaian, Taman Kemampuan Indra Manusia, Taman Kepramukaan Keterampilan, Pertandingan dan Taman, Taman Estafet Bola, Taman Seni Budaya dan Taman Bumbung Kemanusiaan. (Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *