Sungkeman Warnai Pelepasan Siswa Klas IX SMPN 1 Kartasura

NEWS

Sukoharjo-Inspirasiline.com. SMPN I Kartasura menggelar sungkeman siswa kelas IX, yang baru saja lulus. Acara ini dikemas dalam bentuk siswa sungkem kepada Orang Tua / Wali Murid sebagai perwujudan rasa hormat pada orang tuanya. Sungkeman ini juga sebagai ungkapan rasa syukur siswa dengan orang tua wali, karena atas restu orang tuanyalah, mereka dapat menyelesaikan pendidikan di SMP N I Kartasura. Para siswa sekaligus memohon restu untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA / SMK, Rasa haru pun memenuhi suasana sungkeman tersebut.

Viveri Wuryandari selaku Kepala SMP N I Kartasura juga menyampaikan dengan  menggelar  acara sungkeman ini sebagai salah satu implementasi pendidikan karakter berbasis budaya lokal bagi murid-murid.

“ Dengan menggelar sungkeman ini merupakan implementasi pendidikan karakter yang berbasis budaya local kepada siswa khususnya siswa SMPN 1 Kartasura, “ ujar Viveri.

Orang nomor satu di SMPN 1 Kartasura itu juga menambahkan meskipun mereka telah dinyatakan lulus, namun sekolah tetap memiliki tanggung jawab mendidik.

Sungkeman ini dilakukan dalam rangkaian pelepasan siswa kelas IX SMP N I Kartasura. Kegiatan berlangsung di gedung Lamin Etam, Kartasura, acara pelepasan berlangsung mengesankan, sehingga menghadirkan kenangan bagi para siswa dan orang tua wali.

Memori di masa SMP tentu penting bagi para siswa. Karena, mereka akan tetap dapat saling mengingat dan berkawan, meskipun nantinya harus terpisah sekolah. Langkah ini juga sebagai upaya untuk mengajarkan pada siswa tentang pentingnya menjaga persaudaraan diantara mereka sesama alumni SMP N I Kartasura atau dikenal juga dengan Jitos.

Perlu diketahui bahwa pada tahun 2023 ini SMP N I Kartasura meluluskan 314 murid. Mereka terbagi dalam 10 kelas, dari kelas A sampai kelas J. Nilai tertinggi diraih oleh Mikail Savero Rasyendrya, dengan nilai rata-rata 95,60.

baca juga:  Warga Desa Ngrandah Kec. Toroh Grobogan Terima Sertifikat Tanah Program PTSL

Dalam acara ini juga digelar kirab Bendera Merah Putih, yang diikuti Bendera Almamater, Bendera OSIS dan Bendera Pramuka. Kirab ini melambangkan kejayaan NKRI yang selalu dijunjung tinggi olah keluarga besar SMP N I Kartasura. (Prie)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *