Pemkab Sragen Akan Gelar Sholat Idul Adha 2023 Di Alun-Alun Sragen

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Pemerintah Pusat telah menetapkan secara Resmi Hari Raya Idul Adha 2023 yaitu Pada 10 Zulhijah 1444 H yang jatuh Pada Hari Kamis (29/6/2023). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen Memfasilitasi Sholat Idul Adha yang akan dilaksanakan di Alun-Alun Sragen.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha tersebut akan dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati Sragen serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ( Forkopimda) Sragen yang di Imami oleh K.H Achmad Darussalam M.Ag (MUI Kabupaten Sragen) dan Khatib  Drs. Lanjarto M.H (Ketua Pengadilan Agama Sragen).

“Pemkab Sragen akan melaksanakan Sholat Idul Adha Pada Kamis (29/6) di Alun-Alun Sragen lebih tepatnya didepan Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Sragen serta Kearah Timur Sepanjang Jalan Sukowati Sragen. Insya Allah akan dimulai Pukul 06.15 WIB. Segera setelah Sholat Ied dapat dilanjutkan dengan Penyembelihan Hewan Qurban di Wilayah Masing-Nasing.” Ungkap  Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Sragen Ihsan Muhadi Saat melaksanakan Gladi Persiapan Sholat Idul Adha Selasa  (27/6/2023).

Persiapan pelaksanaan Sholat Idul Adha melibatkan berbagai unsur mulai dari TNI/Polri, Satpol PP, Ormas Islam, Baznas Sragen dan Dinas terkait seperti Dinas Perhubungan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Bagian Kesra, Kementriaan Agama Sragen, Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfo Kabupaten Sragen.

Dijelaskannya, sebelum ini dari pihak Muhammadiyah telah memberikan Maklumat bahwa Idul Adha jatuh pada Rabu (28/6/2023). Hal ini menurutnya tidak menjadi masalah bahkan beberapa kali di Indonesia mengalami hal serupa.

Ditambahkannya, Pemerintah juga telah menetapkan Cuti bersama yang telah diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri No. 624/2023, No.2/2023, No/2/2023 Tentang Perubahan Kedua atas Keputusan bersama Menteri Agama,  Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1066 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersana Tahun 2023.

baca juga:  Tega Setubuhi Anak Tiri, Pelaku Dibui

“Pemerintah telah menambahkan Cuti bersama  Tanggal 28 dan 30 Juni 2023. Kami menyampaikan Kepada Masyarakat yang memiliki keyakinan menjalakan Sholat Ied pada Tanggal 28 Juni kami Persilahkan. Bagi yang Tanggal 29 Juni juga Kami Persilahkan dengan tetap menjaga Toleransi saling memahami, tidak boleh saling merasa benar atau menyalahkan. Mari kita jalankan peribadatan ini dengan kekhusyukan.” Tegasnya.

Dengan Kondisi yang seperti ini Ihsan Muhadi menyatakan, sebagai bentuk Komitmen Masyarakat untuk menjaga Kondusivitas Toleransi Saling Menghormati dan Menghargai sehingga masyarakat dapat  mendekatkan diri Kepada Allah SWT dengan lebih Khidmat.

“Mari kita laksanakan Ibadah Sholat Idul Adha sesuai dengan keyakinan kita masing-masing. Insya Allah Pemerintah Kabupaten Sragen Memfasilitasi Pelaksanaan Sholat Idul Adha pada hari Kamis (29/6) di Alun-Alun Sragen.”Imbuhnya.

Sementara Perwakilan Dinas Perhubungan Bayu Yudiaji Kurniawan mengatakan untuk Pelaksanaan Sholat Ied akan diberlakukan Penutupan Jalan Sesuai Arahan dari Panitia.

“Mulai dari Terminal Lama (Sebelah Timur) dan Perempatan Poltas (Sebelah Barat) akan dilakukan Penutupan Mulai Pukul 00.00 WIB. Setelah ditutup akan dilakukan Penyiraman Jalan untuk membersihkan Jalan dari Kotoran maupun Bau tak Sedap.” Ungkapnya.

Pihaknya akan bekerjasama dengan Satlantas Sragen untuk Penempatan Kantong Parkir mulai dari Kios Renteng (Kliteh) dan Mageru Diselatan Rel (Jalan Diponegoro). Kemudian Disebelah Utara Mulai dari Belakang Pemda juga dapat digunakan Tempat Parkir. (Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *