Soal Listrik Sering Padam, Sejumlah Kades di Dale Gelar Pertemuan Dengan PLN

NEWS

Rembang-Inspirasiline.com. Sejumlah Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Sale, Rembang, kemarin menggelar pertemuan dengan manajemen PLN Rembang guna mencari solusi atas keluhan warga soal seringnya listrik di Rembang timur padam.

Pertemuan tersebut diinisiasi oleh Camat Sale, Moh Imron. Dalam pertemuan tersebut dicarikan solusi atas kondisi aliran listrik di wilayah Kecamatan Sale dan sekitarnya yang dianggap terlalu sering padam.

Dari hasil pertemuan tersebut ada dua solusi yang akan dijalankan terkait kondisi listrik di Kecamatan Sale.

Solusi jangka pendek, PLN Rembang meminta bantuan keterlibatan dan respons dari pemerintah desa dalam melakukan rabas pohon.

Rabas dengan menyasar pohon-pohon yang dianggap mengganggu jaringan listrik PLN sehingga rawan terjadinya gangguan dan pemadaman.

Pihak desa diminta tanggap dalam memberikan informasi terkait jaringan yang berpotensi terganggu karena pohon.

“Karena mungkin ada pohon yang masuk fasilitas umum, milik perorangan atau Perhutani, maka Kades dimohon bisa kerja sama membantu berkoordinasi. Misal PLN mau rabas pohon orang difasilitasi izin oleh Kades,” jelas Camat Sale, Moh Imron.

Selain itu, antara PLN, Forkompimka dan juga Kades di Kecamatan Sale sepakat  membentuk grup media sosial. Grup koordinasi tersebut bertujuan untuk percepatan informasi ketika ada hal-hal terkait listrik di Kecamatan Sale.

Selanjutnya solusi jangka panjang adalah PLN merencanakan akan menambah jaringan baru di Kecamatan Sale. Jaringan baru ini direncanakan untuk memperkuat jaringan lama untuk menghindari seringnya pemadaman listrik.

Manager PLN Rembang, Harry Anggriawan menyatakan, pemadaman listrik yang dilakukan di wilayah Sale paling dominan terjadi karena gangguan kabel pada pohon.

Selain itu, beberapa kali juga ada gangguan dari sisi komponen lantaran secara usia sudah lama dan perlu diganti.

“Kemarin juga ada beberapa kasus gangguan adalah jaringan terkena layang-layang,” ujarnya.

baca juga:  Sistem Outsourcing Nasib 170 Tenaga Honorer Sangiran Terancam Dibuang

Terkait solusi jangka panjang, pihaknya tengah merencanakan perbaikan jaringan. PLN Rembang juga berencana melakukan penambahan jaringan di Kecamatan Sale. Jaringan baru ini sifatnya nanti membackup jaringan lama saat terjadi gangguan.

“Selama ini di Kecamatan Sale jaringannya hanya satu jalur. Tidak ada backup. Maka kami akan tambah jaringan untuk membackup, sehingga jika ada gangguan akan dibantu jaringan lainnya,” paparnya.

Sebelumnya, masyarakat Sale mengeluhkan listrik PLN Rembang yang dianggap kerap padam.

Bahkan Camat Sale secara resmi mengirimkan surat permohonan agar PLN melakukan penanganan gangguan atas listrik di Kecamatan Sale. (Yon)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *