Haul Gus Dur ke 14, PMII Grobogan Gelar Kegiatan Hening Cipta Pergerakan

NEWS

Grobogan-Inspirasiline.com. Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Grobogan menggelar haul Gus Dur ke 14 dengan Kegiatan Hening Cipta Pergerakan, mengusung tema, ‘”Meneladani Budaya Etika Demokrasi Gus Dur'”.

Kegiatan hening cipta tersebut diselenggaran di Gedung Riptaloka Setda Grobogan, Selasa (26/12) malam. Acara tersebut dihadiri sejumlah pejabat Kabupaten Grobogan, termasuk Wakil Bupati Grobogan Bambang Pujiyanto, asisten bupati, DPR-D Grobogan serta perwakilan dari Kesbangpolinmas Grobogan.

Tidak terlewatkan pula Para Pimpinan Ormas Keagamaan PCNU, dan PD Muhammadiyyah, GKI Purwodadi, GKJ Purwodadi, Katolik Purwodadi, dan keluarga Konghucu.

Berbagai organisasi Pemuda Mahasiswa juga memeriahkan acara tersebut, Mulai Dari Tahta Mataram, PSHT, Talenta Purwodadi, TBR Rejosari, IMM Grobogan, BEM UNAN Purwodadi.

Dalam acara haul tersebut juga dibuka dengan penampilan Seni Pencak Silat dan Pembacaan Puisi refleksi mengingat jasa-jasa Gus Dur. Yang bertujuan Melestarikan Budaya asli Indonesia juga serta menjaga silaturahmi antar umat beragama.

Setelah itu dilanjutkan acara inti Talkshow mendatangkan narasumber dari berbagai tokoh di Grobogan, diantaranya, Rektor ITB Muhammadiyyah Djati Purnama, DPR-D Grobogan Mansata Indah Maratona, dan Pendeta GKI Purwodadi Rita Dwi Lestari, serta Ketua Tahta Mataram Ki Nawang Kertapati.

Ketua PMII Grobogan Umar Haji Mussa’id mengatakan kegiatan yang diselenggarakan sebagai bentuk kecintaan kita terhadap bapak bangsa yang mengajarkan demokrasi cerdas serta pluralisme.

“Semoga kader PMII mampu melanjutkan nilai perjuangan Gus Dur agar membawa Indonesia lebih berkemajuan. Terlebih lagi ketika menjadi pimipinan Tindakannya mengambil keputusan harus didasarkan atas pertimbangan kemaslahatan rakyat,” ujarnya.

Dia menginginkan kader terus semangat dan bertransformasi guna menghadapi tantangan zaman yang Dinamis (terus mengalami perubahan).

Dalam talkshow ini Pendeta Rita menyampaikan “Banyak yang salah faham beranggapan politik itu kotor (karena banyaknya praktik2 yang tidak sehat dilapangan), padahal dari Gus Dur sebenarnya politik itu luhur, karena mengandung perjuangan nilai-nilai yang sering saya sebut politik nilai. Demokrasi seharusnya menjadi upaya bersama demi tercapainya kemaslahatan rakyat.

Politik nilai harus sudah tertanam terlebih dahulu termasuk melalui pendidikan. Pendidikan harus mempersiapkan pemimpin yang berkarakter luhur, Karakter luhur menopang etika budaya Demokrasi.” ujar Rita pendeta GKI Purwodadi.

Senentara itu Budayawan Ki Nawang Kertapati mengatakan “ketika saya pertama kali berjumpa Gus Dur di acara PCNU Semarang tahun 1996, saya takjub atas kecerdasan dan kepiawaian Ketua PBNU satu ini. Pernah dalam hati saya berbicara, “kalo Orang seperti ini cocok menjadi presiden ( Akhirnya pun 3 th kemudian jadilah presiden)” ungkapnya.

Ditambahkan, Gus Dur Itu seorang pendidik yang sukses, banyak muridnya yang di didik sampai memiliki karakter yang kuat dan kekhususan dalam sektor, Tokoh Reformis NU, Juga Seorang Penulis Dan Intelektual Sejati.

Jati Purnomo Rektor ITB-Muhammadiyah Purwodadi Grobogan bicara soal ketika semua orang kembali. menjalankan ajaran agama (ketahuidan), maka akan lahir nilai persatuan, kemanusiaan, keadilan dalam berdemokrasi.

Bagi Warga Muhammadiyyah Gus Dur adalah Warosatul Anbiya’ ( penerus para nabi), kata Jati. Dalam acara ini pula Wakil Bupati Bambang Pujiyanto hanya berpesan agar kita selalu menebar semangat kebaikan, sebab dengan hal tersebut, kita tetap menjaga kehangatan dalam bingkai kebhinekaan.

Acara ini di tutup dengan Doa Kebangsaan yang di pimpin oleh Pendeta Tyas Budi Legowo GKJ Purwodadi, Gus Syaidun IKA PMII Kabupaten Grobogan. (jkwi/ um)

Bagikan ke:

1 thought on “Haul Gus Dur ke 14, PMII Grobogan Gelar Kegiatan Hening Cipta Pergerakan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *