Membangun Ekonomi Dari Desa Wisata

NEWS

Ferry Wawan Cahyono, SPI.,M.Si  |  Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah

Ferry Wawan Cahyono,SPI,MSi adalah kader Partai Golkar yang punya komitmen tinggi dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai wakil rakyat. Kepeduliannya pada warga masyarakat mengantarnya mendapat amanah sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah yang membidangi Hukum dan Pemerintahan sejak 2014 sampai sekarang. Untuk  Pemilu 2024 ia menjadi Caleg DPRD Jawa Tengah Dapil 10 yang meliputi Kabupaten Kebumen, Banjarnegara dan Purbalingga dengan Nomor Urut 1.

Ferry banyak berkiprah dibidang Pendidikan, Olahraga, Kesenian, Ekonomi dan UMKM, sehingga cukup dekat dengan warga masyarakat  khususnya generasi muda. Seperti saat ia memberikan pendidikan politik dan berdiskusi dengan siswa di SMAN 1 Bawang Banjarnegara. Sebagai Ketua Umum Kushin Ryu-M Karate-Do Indonesia (KKI) Jawa Tengah, ia sering mensuport beragam turnamen baik untuk Bola Voli, Karate dan lain-lain. Menurutnya olah raga sangat efektif untuk membentuk karakter dan kedisiplinan para pelajar agar tumbuh sebagai generasi yang sehat dan sportif.

Dalam acara Musrembangwil di Kebumen beberapa waktu yang lalu Ferry mengemukakan pihaknya terus mendorong pembangunan di wilayah Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, Kebumen (Barlingmascakep) berbasis agrominapolitan dan pariwisata terpadu yang didukung sektor industry pengolahan dan perdagangan jasa yang dilandasi prinsip pembangunan berkelanjutan. Karena di wilayah tersebut memiliki keunggulan pertanian, perkebunan, pariwisata , pertambangan, industry dan perikanan. Juga dikembangkan agroindustry peternakan dan perdagangan.

Ferry mengatakan pembangunan di Provinsi Jawa Tengah cukup bagus.  Saat ini di Jawa Tengah pembangunan merata di setiap desa baik di kabupaten maupun di kota. Apalagi dengan diluncurkannya Dana Desa oleh Pemerintah.  Untuk itu disetiap kesempatan berdialog dengan warga di daerah pemilihan, Ferry selalu mengingatkan dan mendorong warganya memanfaatkan anggaran pemerintah untuk  membangun desa wisata yang dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas publik sehingga menarik untuk dikunjungi wisatawan.

baca juga:  Medsos Dan Pemkab Satu Misi Membangun Sukoharjo

Disampaikan Ferry, Kabupaten Banjarnegara,  memiliki banyak tempat wisata seperti Kawah Sikidang-Dieng, Museum Kailasa, Surya Yudha Park, TRMS Serulingmas, Kawah Sileri, Curug Pitu, Curug Sikopel dan lain-lain. Dengan geografi dan  kondisi  alamnya yang sejuk serta dimilikinya budaya lokal peninggalan para leluhur,   mendorong masyarakat desa membangun wilayahnya menjadi desa wisata. Seperti Desa Wisata Dawuhan,  yang punya wahana Arung jeram Tubing di Sungai Penaraban. Kreativitas warga setempat yang membuka Pasar Rengrang menambah daya Tarik wisatawan, sehingga Desa Wisata Dawuhan masuk 10 besar Gelar Dewa Wisata Jateng 2022. Menurutnya Desa Wisata telah meningkatkan kesejahteraan lingkungan. Hal tersebut terwujud karena masyarakat desa berkolaborasi dengan aparatur desa dan pemerintah.

Alumnus Undip Semarang ini mengatakan di Kabupaten Kebumen, tempat-tempat wisatanya  juga banyak yang sudah dikenal oleh masyarakat. Seperti Waduk Sempor, Goa Jatijajar, Benteng Van Der Wijck, Pantai Menganti, Pantai Karang Bolong, Curug Silancur, Pantai Logending dan lain-lain.

Berkat kreativitas dan inovasi warga masyarakat bersama aparatur desa dan aparatur pemerintah telah melahirkan beberapa Desa Wisata di Kebumen. Seperti Desa wisata Sendangdalem, Pedureso yang berlokasi di Kebumen Timur yang dilengkapi homestay, air sungai dari Waduk Wadaslintang untuk River Tubing, Taman Bedegolan dan atraksi menarik lainnya.  Ada pula wisata religi makam Syeh Sabarudin yang dikunjungi ribuan peziarah.

Ferry menambahkan obyek wisata di Kab. Purbalingga cukup banyak dan beragam. Diantaranya adalah Owabong Waterpark, Situ Tirta Marta Desa Karangcegak, Purbasari Pancuran Mas, D”las Lembah Asri Serang, Gua Lawa, , Kampung Kurcaci, Curug Tempuran dan lain-lain. Menurutnya di Purbalingga memiliki desa wisata Panusupan di Kecamatan Rembang. Di lokasi wisata ini ada Petilasan Ardilawet,Igir Wringin, Jembatan Cinta,dan Sungai Watu Mujur untuk wisata susur sungai. Adanya bandara JB.Sudirman di Purbalingga, sangat membantu  pembangunan pariwisata dan perekonomian didaerah sekitarnya wilayah Selatan dan Barat.  Seperti Banyumas, Banjarnegara, Kebumen, Wonosobo,  Pemalang, Tegal dan Brebes.

baca juga:  41 Orang Pramuka Pembina Ikuti KML Selama 6 Hari

Dikatakan Ferry, semakin baiknya infrastruktur dan pesatnya kemajuan teknologi informasi, perlu ditangkap warga masyarakat untuk berinovasi membangun desa wisata yang sangat membantu perekonomian sehingga bisa meningkatkan kesejaheraan warga. (Laras)

 

Bagikan ke:

1 thought on “Membangun Ekonomi Dari Desa Wisata

  1. helloI like your writing very so much proportion we keep up a correspondence extra approximately your post on AOL I need an expert in this space to unravel my problem May be that is you Taking a look forward to see you

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *