Vaksinasi Hewan Peliharaan : Penting Bagi Kesehatan Keluarga

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Ratusan ekor binatang piaraan milik warga Sragen mendapat Vitamin, serta Vaksin Rabies secara gratis. tak hanya kucing, beberapa ekor anjing juga jadi sasaran Vaksinasi. Masyarakat tampak antusias membawa binatang kesayangannya untuk diperiksa.

“Untuk menjaga kesehatan hewan kesayangan kita, perlu dilakukan Vaksinasi. Semoga kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut,” ungkap Galih Pondra Romadona, warga Desa Saradan, Kecamatan  Karangmalang yang membawa serta 1 ekor kucing miliknya, Sabtu (13/1/2024).

Lokasi Vaksinasi berada di Pendopo Kantor Dinas Pertanian Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Sragen. Sedangkan tempat tinggal Pondra terpaut sekitar 6 kilometer dari tempat tersebut. Pun begitu dirinya tetap bersemangat membawa kucingnya menggunakan 1 unit kandang.

Pemeriksaan dan pemberian Vaksin Gratis tersebut merupakan kegiatan bakti sosial dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Ke-71.

Sebelumya, DKP3 Sragen telah membuka pendaftaran Vaksinasi melalui link dengan kuota terbatas. Tercatat telah ada 198 pendaftar, baik itu untuk peliharaan anjing maupun kucing.

Ketua PDHI Cabang Jawa Tengah IV Periode 2025-2027, Anastascia Arysthia, menguraikan bakti sosial yang di gelar menjadi salah satu rangkaian HUT PHDI Ke-71. Awalnya, wanita yang akrab disapa Ana ini hanya membuka kuota untuk 100 ekor kucing dan anjing.

Namun, karena banyaknya minat masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan bagi hewan peliharaannya, maka pihaknya memutuskan untuk menambah kuota. Pemilik hewan yang datang kebanyakan berasal dari wilayah Kota Sragen.

Ana mempublikasikan kegiatan ini melalui partner Klinik dokter hewan setempat baik dari whatsapp, laman klinik, dan media sosial. Di Sragen setidaknya ada 35 dokter hewan.

selain untuk merayakan HUT PHDI, Ana berharap agenda ini bisa mengenalkan dokter hewan kepada masyarakat Sragen. pihaknya ingin mengedukasi para pemilik hewan agar memiliki kesadaran untuk membawa hewan peliharaan mereka ke dokter hewan.

baca juga:  Sejumlah Sekolah di Kabupaten Sragen Sudah Menyusun Konsep PTM 50%

“Agar memiliki kesadaran untuk membawa ke dokter hewan jika hewannya sakit. Paling tidak melakukan pemeriksaan rutin kesehatan biar bisa juga berkenalan dengan dokter hewan di Sragen,” lanjutnya.

PHGI  juga menggelar beberapa bakti sosial di beberapa Kabupaten di wilayah Jawa Tengah. Sasarannya tidak hanya kucing dan anjing, pemeriksaan kesehatan juga dilakukan pada sapi, kerbau, kambing, dan lainnya. (Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *