Gempitanya Kwarcab Grobogan Peringati Baden Powell Day Ke 167

NEWS

Grobogan-Inspirasiline.com. 167 tahun yang lalu Bapak Pandu Dunia Lord Robert Baden Powell Of Giwell dalam pesan terakhirnya mengatakan jalan nyata menuju ke kebahagiaan ialah membahagiakan orang lain.

Sebuah pesan mulia yang menginspirasi anggota gerakan pramuka, dalam menebar bakti dan kebaikan untuk kebahagiaan semua kalangan. Apa yang dilaksanakan ribuan pramuka di juga tidak terlepas dari semangat tersebut. Berbagai Aksi positif digelar untuk menunjukan bahwa Gerakan Pramuka yang lahir di Indonesia sebagai sebuah wadah kepemudaan, akan selalu berbagi hal positif untuk kebahagiaan sesama, Kamis (22/2/24).

Sebagai bentuk meneladani pesan-pesan Baden Powell bagi Gerakan Pramuka, maka berbagai kegiatan yang digelar diantaranya Aksi Kemanusiaan, Peduli Lingkungan, Donor darah, Apel besar menjadi berbagai bentuk ekspresi, bahwa Gerakan Pramuka di Grobogan selalu eksis dengan keberadaannya mewujudkan generasi muda berkepribadian lokal namun berfikir global, memberikan sumbangsih kepada masyarakat bangsa dan negara.
Hampir semua Kwartir Ranting di Kwarcab Grobogan secara masif menggelar peringatan Baden Powell Day ke 167 ini antara lain Kwarran Toroh, Kwarran Geyer, Kwarran Ngaringan, Kwarran Karangrayung, Kwarran Grobogan serta Satuan Karya Wanabakti Purwodadi. Puluhan pangkalan yang tersebar mengunggah berbagai aksinya di instagram dan media sosial lainnya.

Dalam komentarnya, Kak Agus Siswanto selaku Ketua Kwarcab berharap nilai kepanduan dapat menjadi inspirasi setiap anggota pramuka untuk berbuat kebaikan dan membahagiakan orang lain.

Sementara itu secara terpisah Kak Kustomo selaku Ketua Kwarran Toroh mengapresiasi upaya jajarannya di Kwarran Toroh untuk membumikan nilai-nilai dan semangat Bapak Pandu Dunia. Ini menjadi momentum bagi seluruh anggota pramuka, merefleksikan apa yang telah digariskan Lord Baden Powell. Koordinator Aksi dari Kwarran Rayung Kak Khusaeni menceritakan bahwa anggota pramuka yang ada di wilayah tersebut menggelar aksi apel besar yang diisi dengan pembacaan pesan terakhir Baden Powell, menggalang bumbung kemanusiaan yang disalurkan pada warga miskin dan anak yatim piatu di sekitar gugus depan.

baca juga:  Ibu Rumah Tangga Di Grobogan Yang Dilaporkan Hilang, Kini Kembali Ke Rumah

Beberapa aksi yang terrekam Humas Kwarcab Grobogan antara lain Aksi Peduli Lingkungan meliputi Cabut Paku di pepohonan, Penghijauan, Kebersihan, Peduli Sampah, bakti sosial, donor darah dan apel besar yang diikuti anggota pramuka berbagai jenjang (S, G, T) maupun para pembina. Semangat Baden Powell betul-betul menggelora pada 22 Februari 2024 ini.

Sebagai informasi bahwa Gerakan Kepanduan dicetuskan oleh Robert Baden-Powell, seorang anggota angkatan darat di Inggris. Antara tahun 1906-1907, ia menulis buku Scouting for Boys. Intinya, buku ini merupakan panduan bagi remaja untuk melatih keterampilan dan ketangkasan, cara bertahan hidup, hingga pengembangan dasar-dasar moral. Apa yang dicetuskan Robert Baden-Powell ini kemudian menyebar ke seluruh dunia dan menjadi gerakan Kepanduan, yang di Indonesia disebut dengan Pramuka. Hari lahir Robert Baden-Powell yakni tanggal 22 Februari diperingati sebagai Hari Pramuka Internasional. Ia lahir di London pada 22 Februari 1857.

Pada 8 Januari 1942, Baden Powell meninggal dunia pada usia 83 tahun. Makam kecil di Nyeri dengan pemandangan Gunung Kenya adalah tempat peristirahatan terakhirnya. “Robert Baden-Powell, Pimpinan Pramuka Dunia” terpahat di batu nisannya. (jkw/Hari).

Bagikan ke:

2 thoughts on “Gempitanya Kwarcab Grobogan Peringati Baden Powell Day Ke 167

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *