Patroli Bersama, KPH Purwodadi Dan Polres Grobogan Berhasil Amankan Barang Bukti

NEWS

Grobogan-Inspirasiline.com. Dalam rangka upaya penanganan tindak kejahatan ilegal logging dan meningkatkan moral petugas keamanan hutan KPH Purwodadi bersama Polres Grobogan mengadakan kegiatan patroli dan operasi penggeledahan kayu ilegal di rumah warga dusun Dorosemi Desa Tanjungharjo Kecamatan Ngaringan Kabupaten Grobogan, Kamis (15/5/24).

Toto Suwaranto selaku Wakil Administratur menjelaskan kegiatan ini dilakukan karena adanya laporan kehilangan pohon di petak 45 RPH Dorosemi dalam 2 hari kejadian yakni pada tanggal 6 Mei dan 10 Mei 2024 dengan total kehilangan sebanyak 37 pohon dan kerugian mencapai Rp. 32,7 juta.

Dari hasil lidik dan informasi yang didapatkan, pelaku diduga dalam jumlah lebih dari 20 orang dan barang bukti berada di dukuh Dorosemi.

“Untuk itu kami berkoordinasi dengan Polres Grobogan untuk upaya penggeledahan”. jelaanya.

Kegiatan patroli dan upaya penggeledahan kayu pada tanggal 15 Mei 2024 diawali dengan Apel Siaga yang dipimpin langsung oleh Untoro Tri Kurniawan selaku Administratur/KPH Purwodadi yang diikuti total 82 orang terdiri Polter dan KRPH se KPH Purwodadi, Polhutmob, Pabin Jagawana, satuan Dalmas dan Resmob Polres Grobogan. Dalam apel tersebut Untoro menekankan agar petugas mengikuti kordinator lapangan dari Waka Adm dan KBO Reskrim Polres, tidak merusak properti warga, kompak dan cepat dalam bertindak. Selain itu dalam upaya penggeledahan dan pengambilan barang bukti agar disaksikan Kepala Dusun atau tokoh masyarakat setempat.

Dengan pengawalan dari satuan Dalmas dan satuan Resmob Polres Grobogan, kegiatan berhasil mengamankan kayu hasil pencurian yang telah berubah bentuk menjadi kayu persegi sebanyak 40 batang dengan berbagai ukuran dan diperkirakan kubikasi kayu sebanyak 2,4 m3. Atas koordinasi dengan Polres, barang bukti diangkut dan dititipkan sementara di kantor KPH Purwodadi guna penyelidikan lebih lanjut. “Alhamdulillah kegiatan berlangsung aman dan tertib. Masyarakat sekitar juga kooperatif dan menyadari tugas dari Perhutani dan Polres Grobogan.

baca juga:  Berkas Kasus Kades Trobayan Dilimpahkan ke PN Tipikor Semarang

Selanjutnya kami menyerahkan kepada Satuan Reskrim Polres Grobogan untuk menindaklanjuti laporan polisi dan proses hukum terhadap pelaku ilegal logging sesuai ketentuan yang berlaku.”, ungkap Untoro.

Dia berharap kegiatan ini dapat meningkatkan moral petugas Perhutani di tengah keterbasan personil Polhut/Polter dan terjalinnya sinergitas dengan Polri dalam pengamanan hutan, tandas Untoro.

Sementara itu Kepala Bagian Operasional (KBO) Satreskrim Polres Grobogan, Iptu Dedi, menyatakan apresiasinya atas sinergi dengan Perhutani sehingga kegiatan berlangsung tertib, aman dan berhasil mengamankan barang bukti. “Polres Grobogan akan memproses tindak pidana kejahatan hutan dan memback up pasca operasi penggeledahan ini.” ujarnya. (jkw)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *