Jelang Pilkada 2024, Tiga Nama Balon Bupati Grobogan Bersaing Ketat

NEWS

Grobogan-Inspirasiline.com. Hingga saat ini dalam rangka meramaikan bursa pemilihan kepala daerah pada Pilkada serentak bulan Nopember 2024 mendatang, di Grobogan sudah muncul tiga nama besar. Ketiga nama tersebut merupakan putra daerah Grobogan yang memiliki kualitas dan  integritas sangat baik.

Ketiga nama itu adalah Sugeng Prasetyo, SE., MM, dr. Bambang Pujiyanto, MKes, dan Setyohadi yang dikenal dengan panggilan “baja hitam”.

Masing masing kandidat tersebut memiliki kekuatan berbeda. Mari kita lihat satu persatu. H. Sugeng Prasetyo, SE., MM, putra daerah Grobogan asal  Klambu ini adalah Ketua DPC Partai Gerindra Kab. Grobogan, sehari harinya sebagai Wakil Ketua DPRD Grobogan periode 2019-2024.

Selain anggota dewan, dia juga menjadi direktur utama dari 2 buah perusahaan swasta yang berada di Solo.
Sugeng, sapaan akrabnya, kemaren sudah mengambil formulir Bacabup Grobogan lewat Gerindra.

Sedangkan dr. Bambang Pujiyanto, MKes yang akrab dipanggil dr. Totok saat ini menduduki jabatan Wakil Bupati Grobogan. Dia adalah adik kandung mantan Bupati Grobogan Bambang Pujiyono, SH. Totok diajukan oleh PKB Grobogan, sebab memang di kepengurusan  partai itu ia menduduki jabatan sebagai Wakil Ketua PKB Grobogan. Mantan Direktur RSUD R. Sudjati Purwodadi Grobogan itu sebelumnya masuk jajaran DPC PDIP Grobogan saat menjadi Wabup Grobogan, namun sesaat sebelum memasuki masa pilkada ini, Totok yang asli Tawangharjo itu  hengkang dari PDIP masuk ke PKB sebagai Wakil Ketua. Totok sudah dijagokan PKB Grobogan, dan sudah resmi mendaftar bacabup Grobogan lewat PKB, Gerindra, Demokrat, PKS, Golkar, Nasdem.

Adapun bacabup yang ketiga ini adalah Setyohadi. Pria gagah yang dikenal dengan sebutan “Baja Hitam” ini saat ini sebagai Anggota DPRD Grobogan dari fraksi PDIP. Dia  asli warga Karangsari Brati, adalah adik kandung Bupati Grobogan saat ini, Sri Sumarni.

baca juga:  110 Calon Haji Kota Tegal Akan Diberangkatkan 1 Juli 2022

Dalam pengambilan formulir Balon Bupati Grobogan kemaren, Hadi, panggilan akrab mantan Kades Karangsari Brati ini mengambil formulir balon Bupati di PDIP, Gerindra, Demokrat, Nasdem.

Berdasarkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara) masing-masing memiliki perbedaan dimana Setyohadi berdasarkan laporan LHKPN per 31 Desember 2022 memiliki harta kekayaan sebanyak Rp. 2.087.889.599, dr Totok berdasarkan LHKPN per 31 Desember 2023 memiliki harta kekayaan sebanyak Rp.4.507.544.970. Sedangkan Sugeng Prasetyo memiliki harta kekayaan sebesar Rp. 10.136.174.659 berdasarkan LHKPN per 31 Desember 2022.

Terpisah, Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo menjelaskan hingga saat ini belum ada calon dari jalur independen. Pendaftatan calon dari jalur independen dibuka hanya sepekan saja dengan syarat memiliki dukungan minimal 6,5 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di 19 Kecamatan.

Adapun pendaftaran melalui jalur parpol dibuka pada tanggal 27-29 Agustus 2024 dengan penelitian berkas pendaftaran pada 27 Agustus-21 September 2024.

Sedangkan penetapan pasangan calon digelar pada 27 September – 23 Nopember 2024, dan pemungutan suara pada tanggal 27 Nopember 2024. (jkwi)

Bagikan ke:

1 thought on “Jelang Pilkada 2024, Tiga Nama Balon Bupati Grobogan Bersaing Ketat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *