Khotmil Qur ‘an dan Wisuda TPQ ” Darul Ilmi ” Desa Mejasem Barat Meriah

NEWS

Tegal-Inspirasiline.com. Wajah wajah penuh kebahagiaan terpancar dari para wali santri saat mereka melihat buah hatinya di wisuda setelah mereka dinyatakan lulus mengikuti pendidikan di Taman Pendidikan Al-Qur’an an (TPQ). ” Darul Ilmi ” bahkan air mata para orang tua pun tak terbendung saat anaknya melakukan sembah sungkem setelah selesai prosesi wisuda dan pembaiatan oleh dewan penguji.

Suasana haru dan penuh kebahagiaan Itu terlihat ketika dilangsungkannya kegiatan Khotmil Qur ‘an dan Wisuda Angkatan Ke XIV Tahun 2024 Taman Pendidikan Al-qur’an (TPQ) ” Darul Ilmi ” RW.6 Desa Mejasem Barat -Kramat Kabupaten Tegal.

Acara yang berlangsung Minggu (26/5/2024) selain disaksikan para wali santri juga para tokoh agama dan tokoh masyarakat serta tim penguji.

Prosesi Khotmil Qur’an dan wisuda dilakukan oleh Ketua Pusat Kordinator Metode Tilawati Kabupaten Tegal KH. Misbahul Munir.

Pada kesempatan yang sama wisudawan satu persatu di tes oleh tim penguji di depan wali santri, sejauh mana pemahaman mereka soal materi yang telah diajarkan .

Tim penguji menjelaskan, ada sepuluh materi pelajaran yang diuji, dengan harapan mereka benar-benar menguasai sepuluh materi pokok yang di berikan selama mengikuti pendidikan di TPQ.

Maka berbahagialah bagi orang tua yang memiliki anak bisa meng-khatamkan Alqur an. Ungkap KH.Misbahil Munir.

” Barang siapa telah membaca Alqur’an (khatam) kemudian ia berdoa maka ada 4 ribu malaikat yang mengamini dia nya “.

Bahkan yang lebih dahsyat lagi, ” apa bila seorang hamba telah mengkhatamkan Al Qur’an maka hadir 60 ribu malaikat yang membacakan istighfar untuknya ( HR.ad.Dailamy).

Dengan mengacu hadis tersebut setidaknya para otang tua ketika ada kegiatan khataman wajib mendatangi.  ” Jadi kalau ada khataman kita jangan di rumah saja beri semangat kepada anak-anak kita ” ungkap kyai Misbah yang juga pesan kepada para orang tua supaya putra putrinya selalu membaca Al Qur’an dan terus melanjutkan mendidik ilmu agama ke jenjang lebih tinggi, jangan puas hanya dengan selesai mengikuti pendidikan di TPQ.

baca juga:  Di Pelataran Punden Tingkir, Pemdes Krikilan Siap Gelar Pasar Budaya

Dijelaskan oleh Ketua Pengurus TPQ Darul Ilmi RW.6 Desa Mejasem Barat Mustofa, wisuda ke 14 Tahun 2024 sebanyak 12 anak. Sedangkan jumlah siswanya saat ini sebanyak 130 santri.

Dari hasil tes yang dilakukan oleh tim penguji dari 12 wisudawan muncul tiga nama peroleh nilai tertinggi masing-masing nuara 1. Hasna Athyatiul Maulana putri Alwi Muhamad Alkaf, 2, Raisa Arsyla Maharani putri Alfi erlangga Darmawan, dan juara 3. yasmin anak dari Husen.

” saya mewakili semua pengurus dan dewan guru, menyampaikan terimakasih kepada semua orang tua santri yang telah mempercayai TPQ Darul Ilmi sebagai tempat untuk mendidik ilmu agama putra putrinya.” jelas Mustofa.

Ketua RW.6 Desa Mejasem Barat-Kramat Kabupaten Tegal Alan Yuliarama Tejakusuma menyampaikan apresiasi yang setinggi tinggi kepada pengurus Yayasan dan jajaran dewan guru TPQ ” Darul Ilmi ” yang telah mendidik putra-putri penerus bangsa yang memiliki landasan ilmu agama, dan sebagai orang tua merasa bangga karena anaknya bisa khatam Al qur’an.

Alan mengajak kepada warga Desa Mejasem Barat agar bisa menyekolahkan anaknya di TPQ Darul Ilmi
“.loh kalau bukan warga kita, lalu siapa yang bisa mengembangkan menghidupkan TPQ ini, Jadi saya berharap kepada warga Desa Mejasem Barat khususnya, ayoh percayakan ke TPQ Darul Ilmi Jl.Semanggi 1 Desa Mejasem Barat untuk mendidik putra putrinya.”

Alan juga berharap kepada pemerintahan desa MejaSem Barat ikut peduli terhadap pengembangan TPQ, bahkan tidak menutup kemungkinan, desa mampu memberikan bea siswa kepada siswa TPQ dari keluarga yang kurang mampu.

Rangkain kegiatan Khotmil Qur an dan Wisuda TPQ Darul Ilmi RW.6 Desa MejaSem Barat diawali pawai ta’aruf. Sebelum prosesi wisuda Grup Rebana Al-Mutaqim yang dikomandani oleh ketua RW.6 tampil perdananya yang cukup menarik dalam hajatan wisuda TPQ ‘ Darul Ilmi ‘ Jl.Semanggi 1 Desa MejaSem Barat – Kramat Kabupaten Tegal. (Abiet)

baca juga:  Suroto Toreh Sejarah di Utara Sungai Bengawan Solo

 

 

Bagikan ke:

2 thoughts on “Khotmil Qur ‘an dan Wisuda TPQ ” Darul Ilmi ” Desa Mejasem Barat Meriah

  1. My brother suggested I might like this blog He was totally right This post actually made my day You can not imagine simply how much time I had spent for this info Thanks

  2. My brother recommended I might like this web site He was totally right This post actually made my day You cannt imagine just how much time I had spent for this information Thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *