BRI Kenalkan Program Pinjaman KUR Super Mikro

NEWS

Penulis: Abiet Sabariang
TEGAL | inspirasiline.com

BANK Rakyat Indonesia (BRI) mengenalkan program terbaru dari pemerintah pusat, yaitu Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro, dengan harapan bisa diterima baik oleh pemerintah daerah.

Program BPUM merupakan program stimulus pemerintah berupa tambahan modal usaha kepada pelaku usaha mikro yang belum mendapatkan pembiayaan perbankan, baik Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun pinjaman modal kerja dan investasi lain dari perbankan.

“Program ini bertujuan untuk membantu pelaku usaha mikro yang terdampak pandemi Covid-19,” kata Kepala Cabang BRI Slawi Sunarto saat audiensi bersama Bupati Tegal Umi Azizah di ruang kerjanya, Senin (21/9/2020). “Untuk Program BPUM memang sudah berakhir di bulan September ini, namun untuk bantuan KUR Super Mikro masih terus dibuka hingga Desember nanti,” lanjutnya.

Nilai bantuan yang diberikan program BPUM sebesar Rp 2,4 juta. Sedangkan untuk program KUR Super Mikro yang baru diluncurkan September ini, memiliki nilai bantuan pinjaman sebesar Rp 2 juta-Rp 10 juta dengan bunga 0 persen.

Program KUR Super Mikro akan berakhir jika target dana pinjaman menyentuh angka Rp 150 miliar.

Sunarto menjelaskan, Program KUR Super Mikro dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, dengan persyaratan Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK), memunyai usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul, bukan aparatur sipil negara (ASN), anggota TNI/Polri, pegawai BUMN/BUMD, dan tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari bank.

“Jika persyaratan sudah dilengkapi, maka pendaftar langsung bisa memberikan berkas tersebut ke BRI di setiap unit kecamatan,” ujarnya.

Umi Azizah menyambut baik dan siap mendukung pemerintah pusat dalam pelaksanaan Program BPUM dan KUR Super Mikro. Dengan adanya program stimulus pemerintah ini, Umi berharap dapat membantu pelaku usaha mikro di Kabupaten Tegal yang terdampak pandemi Covid-19.

baca juga:  PTUN Belum Putuskan Soal Jabatan Perangkat Desa 60 Tahun

“Yang pasti Pemkab Tegal akan selalu mendukung program pemerintah pusat. Mudah-mudahan bisa lancar,” kata Umi.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *