Kades Tlogopucang Butuh Perangkat Desa Muda

NEWS

Penulis: Mutabingun
TEMANGGUNG | inspirasiline.com

PEMERINTAH Desa Tlogopucang, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung menggelar Sosialisasi dan Pembentukan Panitia Pengangkatan Perangkat Desa Tahun 2020 di Ruang Pertemuan Balai Desa setempat, Jumat (2/10/2020), pukul 13.00 sampai selesai.

Berdasar Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 92 Tahun 2017 tentang Tata Cara Penataan Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa, pengisian jabatan perangkat desa di Kabupaten Temanggung pada tahun ini dilaksanakan secara serentak dan segera.

KETUA Panitia Terpilih Atchani (duduk) dan Sekdes Tlogopucang Fahrodin.

Pemerintah Desa Tlogopucang pun segera mengambil tindakan, untuk mengisi tiga jabatan perangkat desa yang kosong, yakni satu Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan dan dua Kepala Dusun (Kadus), masing-masing Kadus Kedopokan dan Kadus Tlogopucang Utara.

Sosialisasi dihadiri oleh Sekretaris Kecamatan Kandangan Sri Widodo dan Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Kandangan Saksana Nur Arifiyanto, dengan peserta seluruh perangkat desa, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), anggota Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), ketua PKK, ketua RT, serta sejumlah tokoh masyarakat desa.

Sekcam Sri Widodo mengatakan, tujuan sosialisasi ini untuk membekali panitia dalam menyelenggarakan pengangkatan perangkat desa melalui tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan.

“Wujud keterbentukan panitia adalah untuk saling berkoordinasi, saling asih, asah, dan asuh. Susunan panitia jangan hanya didominasi dari perangkat saja, melainkan harus melibatkan tiga unsur, yaitu unsur perangkat, unsur lembaga, dan unsur tokoh masyarakat,” jelasnya.

Sri Widodo mengapresiasi Pemdes Tlogopucang, karena keadaan yang sudah cukup baik, tidak ada kriminal, komunikasi antarwarga dengan perangkat juga baik.

“Dengan adanya pengisian kekosongan perangkat ini, harapannya pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan optimal. Meskipun kita hidup di pucuk gunung, tapi dalam praktik berbangsa dan bernegara harus tetap baik,” ujarnya.\\

KEPALA Desa Tlogopucang Tohirin, Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Kandangan Saksana Nur Arifiyanto, dan Sekcam Kandangan Sri Widodo.

Satu Jabatan
Memimpin kegiatan sosialisasi, Kepala Seksi Tata Pemerintahan Kecamatan Kandangan Saksana Arifiyanto menginformasikan bahwa dari tiga kekosongan perangkat di Desa Tlogopucang, hanya satu posisi jabatan perangkat saja yang bisa diajukan di tahun ini. Pasalnya, Surat Keputusan (SK) Pemberhentian Perangkat Desa yang masuk ke kecamatan baru satu, yaitu Kadus Kedopokan. Sementara dua yang lain baru bisa masuk pada pengangkatan tahun depan.

baca juga:  Dua Srikandi Panjat Tebing Blora Gondol Medali Emas PON XX Papua

Ketua Panitia Atchani beserta sekretaris dan bendahara, yang terpilih dari unsur perangkat desa, segera membentuk tim penjaringan dan penyaringan, serta tim penyusun naskah ujian pengangkatan perangkat desa.

“Kita harus segera saling koordinasi dan mempersiapkan diri, mengingat pengumuman lowongan jabatan perangkat desa harus sudah dipasang pada 12-16 Oktober,” ungkapnya.

Di akhir acara, Kepala Desa Tlogopucang Tohirin berharap agar panitia terpilih dapat menjalankan tugas dengan baik, dan kinerjanya dapat dipertanggungjawabkan.

“Saya minta supaya pendaftar calon perangkat nanti jangan yang tua, kalau bisa yang muda-muda saja,” tandasnya.***

PESERTA Sosialisasi dan Pembentukan Panitia Pengangkatan Perangkat Desa Tahun 2020.
Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *