Kabupaten Sukoharjo Raih Dua Penghargaan Proklim Tingkat Nasional

NEWS

Penulis: Supriyani
SUKOHARJO | inspirasiline.com

PROGRAM Kampung Iklim (Proklim) Kelurahan Ngadirejo dan Proklim Kelurahan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo meraih penghargaan tingkat nasional Festival Iklim 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

KETUA Proklim Sukoharjo Suryono Arif Wijaya usai menerima trofi Festival Iklim 2020.

Proklim Kelurahan Ngadirejo meraih penghargaan Kategori Proklim Lestari. Sedangkan Proklim Kelurahan Kartasura meraih kategori Proklim Utama.

Penghargaan diserahkan di Jakarta, beberapa waktu lalu, dan diterima langsung Ketua Proklim Sukoharjo Suryono Arif Wijaya.

“Keberhasilan Proklim Kelurahan Ngadirejo mendapatkan penghargaan Proklim Lestari tahun ini merupakan kali pertama untuk Provinsi Jawa Tengah,” kata Suryono Arif Wijaya, Selasa (3/11/2020).

Keberhasilan itu, menurutnya, karen Proklim Ngadirejo telah membina 44 lokasi proklim yang berada di lintas kabupaten/kota di Jawa Tengah.

“Berbagai pengayaan kegiatan juga telah dilaksanakan, di antaranya integrasi pemanenan air hujan untuk kolam ikan dan penyiraman tanaman, penggunaan aplikasi online untuk pengelolaan sampah, serta penghematan energi dan air melalui lampu sensor dan kran sensor,” cetusnya.

Selain itu, pengayaan dalam menyebarluaskan kegiatan proklim di masa pandemi Covid-19, melalui pelatihan online yang diikuti oleh peserta seluruh Indonesia, juga telah berdampak ekonomi, sosial, dan lingkungan.

“Dengan keberhasilan itu, kami berharap ke depan proklim Kelurahan Ngadirejo bisa mewujudkan mimpi untuk memunyai lembaga pendidikan lingkungan yang akan menjadi tempat pendidikan dan pelatihan pengelolaan lingkungan dan museum kerajinan daur ulang sampah di Indonesia,” terangnya.

Penguatan Adaptasi
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pemkab Sukoharjo Agustinus Setiyono mengatakan, proklim merupakan program nasional bagi peningkatan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Selain itu, juga memberikan pengakuan terhadap upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim yang telah dilakukan, yang dapat meningkatkan kesejahteraan di tingkat lokal sesuai dengan kondisi wilayah.

baca juga:  Simulasi PTM, SD Negeri Sunggingsari Parakan Terapkan 3M Ketat

“Keberhasilan meraih penghargaan dari Kementerian LHK diharapkan mendatang program proklim dapat diikuti oleh berbagai kelurahan desa di Sukoharjo,” ujar Agustinus.

Menurutnya, penghargaan tersebut juga melengkapi penghargaan yang diraih sebelumnya, yang diterima Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya berupa penghargaan untuk Pembina Proklim dari Menteri LHK 2018.***

Bagikan ke:

10 thoughts on “Kabupaten Sukoharjo Raih Dua Penghargaan Proklim Tingkat Nasional

  1. We are a group of volunteers and opening a new scheme in our community. Your web site offered us with valuable info to work on. You’ve done a formidable job and our entire community will be grateful to you.

  2. Heya i’m for the primary time here. I came across this board and I find It really helpful & it helped me out much. I am hoping to give something back and help others like you aided me.

  3. You really make it appear really easy along with your presentation but I in finding this topic to be actually something which I feel I would by no means understand. It seems too complicated and very vast for me. I’m having a look ahead to your next post, I will attempt to get the dangle of it!

  4. of course like your web-site but you have to check the spelling on several of your posts. Several of them are rife with spelling issues and I find it very troublesome to tell the truth nevertheless I’ll definitely come back again.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *