Mbak Yuni: Bukan ASN, Wirausaha Jalur Meraih Kesuksesan

INOVASI

Penulis: Sugimin | Editor: Dwi NR
SRAGEN | inspirasiline.com

Siapa bilang kesuksesan dan kemapanan hanya monopoli yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN)? Wirausaha bisa jadi pilihan yang dekat dengan kesuksesan, asalkan dilakoni dengan ketekunan dan memegang kiat untuk berkembang.

SEPERTI yang ditunjukkan dua wirausahawan muda di Kabupaten Sragen ini: Rosita dan Titis. Berkat ketekunan dan inovasi, keduanya mampu meraih kesuksesan di usahanya masing-masing.

Bahkan capaian keduanya mampu membuat Bupati Sragen sekaligus Calon Bupati (Cabup) Petahana Kusdinar Untung Yuni Sukowati terpesona dan berusaha mengorek kunci keberhasilan mereka.

MBAK Yuni, sapaan akrab Kusdinar Untung Yuni Sukowati (kanan) berbincang dengan Titis, wirausahawan muda sukses pemilik dua bisnis sekaligus, barbershop dan minuman dawet kekinian.

Ya, dua wirausahawan sukses itu adalah Rosita dan Titis. Keduanya pun mendapat berkah dan kesempatan diundang untuk berbagi cerita seputar perjalanan usahanya dari nol hingga menggapai kesuksesan.

“Seringkali orang berpikiran bahwa kesuksesan adalah akan bekerja sebagai aparatur sipil negara (ASN) menggunakan seragam, dan memunyai gaji tetap. Padahal kesuksesan bisa juga diperoleh melalui jalur wirausaha. Contohnya, kedua pemuda itu, Mbak Rosita dan Mas Titis yang saya temui kemarin. Mereka punya segudang pengalaman dalam memulai dan membesarkan usahanya,”  ungkap Mbak Yuni, panggilan akrab Kusdinar Untung Yuni Sukowati kepada inspirasiline.com  melalui ponselnya, Senin (23/11/2020) petang.

Berbagi Pengalaman
Mbak Yuni kemudian menceritakan pengalamannya sharing dengan Rosita, perias asal Sragen yang namanya melejit dan kini jadi salah satu perias kenamaan.

Pemilik akun @rstjl itu berprofesi sebagai make-up artist (MUA). Pernah belajar di bidang perhotelan menyebabkan Rosita tertarik dengan ilmu kecantikan.

“Di hadapan saya, Rosita mengatakan, setelah mengikuti kursus kecantikan, memulai usahanya bermodalkan Instagram. Bahkan sekarang Mbak Rosita sudah memunyai lebih dari 12 ribu followers di Instagram! Saya kalah jauh,” ujar Mbak Yuni.

baca juga:  KPU Sragen Tetapkan Yuni-Suroto sebagai Bupati-Wakil Bupati Terpilih Pilkada 2020

Usahawan kedua yang berkesempatan berbagi cerita dengan Mbak Yuni adalah Titis. Pemilik akun @titisdeka itu mengaku merintis usaha di usianya yang masih sangat muda.

Titis kini sudah memiliki dua bisnis sekaligus, yaitu Barbershop @cutsproject dan Minuman Dawet Kekinian @esdawetbutantri.

Bahkan, sekarang Cuts Project rintisannya sudah memiliki 3 cabang dan Dawet Bu Tantri sudah memunyai lebih dari 80 franchise di seluruh Pulau Jawa. Semuanya itu diraihnya dengan perjuangan panjang, dimulai dari nol dengan modal seadanya.

Titis juga mengakui, apa yang dicapainya itu diraih melalui proses dan inovasi yang cukup lama.

“Dua-duanya keren sekali ya? Jadi anak muda harus penuh inovasi dan motivasi. Jangan tunggu sampai tua untuk menjadi sukses, karena sukses adalah proses,” tutur Mbak Yuni mengakhiri bincang-bincang dengan inspirasiline.com.***

Bagikan ke:

1 thought on “Mbak Yuni: Bukan ASN, Wirausaha Jalur Meraih Kesuksesan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *