Pramuka Garuda Harus Menjadi Teladan Gugus Depan

EDUKASI

Penulis: Abiet Sabariang
TEGAL | inspirasiline.com

SELASA, 15 Desember 2020 setidaknya menjadi momentum dan hari bersejarah bagi 100 anggota Pramuka di Kota Tegal.

Pasalnya, hari itu mereka dilantik sebagai Pramuka Garuda oleh Wakil Wali Kota Tegal Muhamad Jumadi yang juga sebagai Ketua Kwartir Cabang XI Kota Tegal.

Seratus Pramuka Garuda dilantik di empat ranting kecamatan masing-masing.

Seharian itu, Jumadi berpindah-pindah lokasi untuk melantik anggota Pramuka yang telah memiliki kecakapan khusus di bidang kepramukaan sesuai dengan tingkatannya.

WAKIL Wali Kota sekaligus Ketua Kwartir Cabang XI Kota Tegal Muhamad Jumadi (ketiga kiri) saat melantik Pramuka Garuda.

Pada setiap prosesi pelantikan Pramuka Garuda dihadiri semua unsur pengurus ranting Gerakan Pramuka di tingkat kecamatan. Pelantikan ditandai dengan penyematan tanda anggota Pramuka Garuda dan penyerahan Surat Keputusan kepada yang dilantik.

Dalam sambutannya, Jumadi mengatakan, mereka disebut sebagai Pramuka Garuda kalau sudah teruji melalui kecakapan khusus dan pemahaman metode kepramukaan sesuai tingkatannya.

Karena sudah dinilai cakap dan lulus seleksi untuk menjadi Pramuka Garuda, maka mereka berhak memakai tanda atau simbol Pramuka Garuda di seragamnya.

“Ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi anggota Pramuka, sebagai manifestasi atas keberhasilannya dalam seleksi pengetahuan di bidang kepramukaan dan pengetahuan umum lainnya,” ungkap Jumadi.

Embrio
Wakil Wali Kota Jumadi juga menyampaikan apresiasi kepada kwartir cabang (kwarcab) yang telah melatih melewati berbagai proses yang melibatkan unsur pembina dan pelatih, termasuk para orangtua yang telah menyemangati putra-putrinya, sehingga mereka bisa lolos menjadi Pramuka Garuda.

“Mereka merupakan embrio bagi calon Pramuka Garuda berikutnya,” tuturnya.

Oleh sebab itu, Jumadi berpesan, agar mereka senantiasa mengamalkan Satya Dharma Pramuka, meningkatkan kemampuan, dan menjadi suri teladan di Pangkalan Gugus Depan masing masing.

Berkaitan dengan pandemi yang masih menghantui hingga saat ini, anggota Pramuka Garuda diminta untuk bersinergi dengan pemerintah, supaya mengingatkan kepada yang paling dekat dengan anggota Pramuka Garuda, untuk selalu menaati protokoler kesehatan: memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

baca juga:  Wahyu Wahnuri, S.Pd Dilantik Sebagai Sekdes Ngrombo

Selepas pelantikan, mereka menyaksikan film Tegalan berdurasi 15 menit yang mengisahkan kehidupan penghuni Rusunawa di masa pandemi, yang pemainnya juga melibatkan Ketua Kwarcab Jumadi sebagai Ketua RT.

Film yang menggunakan dialek Tegalan tersebut, digarap oleh sutradara muda asli Tegal, Wisnu Wicaksono Legowo.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *