TPS-3R, Solusi Inovatif Pemanfaatan Sampah

INOVASI

Penulis: Sugimin
SRAGEN | inspirasiline.com

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Sragen melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) terus berupaya untuk menanggulangi lonjakan sampah di setiap wilayah.

Kepala DLH Sragen Samsuri bersama Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan Wakil Bupati Dedy Endriyatno melakukan pemantauan di tiga titik Tempat Pembuangan Sampah (TPS), Jumat (26/2/2021).

Pemantauan dilakukan di TPS yang menggunakan sistem reduce-reuse-recycle (TPS-3R), yakni TPS Manding, TPS Ngepos Jetak, dan TPS Jati Masaran.

Teknologi TPS-3R merupakan sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efisien.

Keberadaan program TPS-3R diharapkan tidak hanya mengurangi sampah, tapi juga bisa mengubah sampah menjadi bermanfaat dan memiliki nilai jual.

“Sampah organik seperti daun dan sisa makanan, akan digiling menjadi pupuk organik dengan cara difermentasi menjadi pupuk kompos. Sampah plastik akan dikumpulkan, di-packing, dan akan dijual kembali, sehingga semua sampah akan termanfaatkan kembali,” terang Samsuri.

Sampah akan menjadi momok atau hal yang kurang baik jika tidak dipedulikan. Untuk itu, kepedulian terhadap sampah dan lingkungan serta pemahaman terhadap pengolahan sampah juga sangat diperlukan.

Samsuri mengatakan, untuk menciptakan kesadaran terhadap sampah, DLH telah melakukan program edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat di setiap desa sampai tingkat RW. Sosialisasi dilakukan supaya masyarakat sadar dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Kita terus laksanakan sosialisasi bagaimana cara masyarakat paham mengolah sampah masing-masing. Pemerintah terus mengedukasi kepada masyarakat agar sampah bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Bisa di kelurahan, bisa di wilayahnya masing-masing, sehingga sampah tidak lagi kita kumpulkan, kita angkut, lalu kita buang. Tapi harus kita manfaatkan kembali,” tandas Samsuri.***

Bagikan ke:
baca juga:  Blora Jadi Percontohan Nasional Riset Pengembangan Padi Sawah Tadah Hujan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *