Di Kawasan Pertambangan Migas, Nglobo Rintis Desa Wisata Air Panas

INSPIRASIANA

Penulis: Yokanan | Editor: Dwi NR
YOGYAKARTA | inspirasiline.com

MESKIPUN masih dibayangi pandemi Covid-19, upaya merintis desa wisata tetap dijalankan oleh Pemerintah Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora.

Desa yang terkenal dengan aktivitas pertambangan migas dari Pertamina EP dan hasil hutan jati terbaik di dunia itu, masih menyimpan potensi yang layak untuk dikembangkan.

Air panas abadi Plumpung, yang terjadi dari proses pemilahan minyak bumi dengan air itu, cukup unik dan diyakini bermanfaat untuk kesehatan badan, yaitu menghilangkan pegal dan linu sendi-sendi.

Dan hal itulah yang menarik perhatian aktivis pemerhati wisata dan seni budaya dari Magelang, Yoyok Kartun dan Agus Sedulur Art Blora untuk membantu Kepala Desa (Kades) Nglobo Pudi Harto.

“Saya tertarik membantu Pemerintah Desa (Pemdes) Nglobo, merintis Wisata Air Panas dan Wanawisata Plumpung, yang ada di dalam lahan hutan. Ini potensi yang luar biasa, komplet. Di luar tadi ada pompa angguk minyak, kemudian aktivitas Pertamina, saya yakin ini berhasil dikembangkan,” ungkap Yoyok Kartun, Minggu (5/9/2021).

Hidupkan Ekonomi Warga
Yoyok Kartun, pemerhati wisata dan seni budaya dari Magelang tertarik untuk membantu Pemdes Nglobo mengembangkan Wisata Air Panas Plumpung.

“Selain terkenal dengan minyaknya, Desa Nglobo, Kecamatan Jiken juga memiliki obyek wisata rintisan air panas Plumpungan dan edukasi pertambangan migas,” kata Agus Sedulur Art.

Kades Nglobo Pudi Harto menjelaskan, selain wisata air panas, untuk para pengunjung juga disediakan warung-warung yang dibuka oleh warga setempat. Mereka menjual makanan dan minuman, untuk melepas lelah, setelah berendam di air panas. Atau bernyanyi karaoke, di dekat kolam pemandian.

“Pengunjung bisa mencelupkan kakinya ke dalam bak yang menampung air panas, yang diyakini menyembuhkan pegal linu badan mereka,” ungkapnya.

baca juga:  Pemkab Sragen Siapkan Paket Wisata Gowes Purba Sangiran

Wisata Rintisan 
Kades Nglobo Pudi Harto bersyukur, meskipun terbilang baru, Air Panas Plumpung banyak dikunjungi orang-orang dengan tujuan kesehatan dan menikmati pemandangan alam wisata hutan dan pompa angguk.

Hingga malam, meskipun dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, masih ada saja yang berkunjung.

“Kami menggandeng aparat dari Polsek dan Koramil Jiken, untuk mengawal penerapan disiplin prokes, untuk membatasi pengunjung agar tidak berkerumun, selalu memakai masker, dan berjaga jarak,” ungkap Kades Nglobo Pudi Harto.

Untuk diketahui, pengunjung bisa berendam sepuasnya, dengan membayar sukarela. Area parkir mobil, sepeda motor, dan sepeda luas.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *