Penwas Wonogiri, Merangkai Kisah Menjalin Silaturahmi

INSPIRASIANA

Penulis: Sukamto | Editor: Dwi NR
WONOGIRI | inspirasiline.com

PENSIUNAN Pengawas (Penwas) TK, SD, Penjas Orkes Kabupaten Wonogiri menggelar temu kangen di Rumah Makan Joglo, Tandon, Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri milik Suwartono, Minggu (14/11/2021).

Mengusung tema “Merangkai Kisah Menjalin Silaturahmi,” acara diikuti 77 mantan penwas.

RAMAH tamah peserta temu kangen Penwas Wonogiri.

Dimulai pukul 10.30, acara yang dipandu Suyoto ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, hening cipta, dilanjutkan doa bersama, dipimpin Sukarno, penwas dari Kecamatan Manyaran.

Ketua Penyelenggara Suwarto menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para peserta dan mohon maaf atas segala kekurangan dalam penyelenggaraan.

BERGILIRAN, peserta temu kangen menikmati hidangan.

“Kegiatan temu kangen penwas perlu dilanjutkan, minimal setahun sekali, berpindah tempat ke distrik secara bergilir, dengan maksud agar kita lebih mengenal daerah setempat, sekaligus berwisata,” ujarnya.

Meski usia para penwas dibilang tak muda lagi, mereka masih kelihatan segar bugar, sehat, dan sangat antusias.

GRUP musik Purwo Wilis Purwantoro ikut memeriahkan temu kangen penwas.

Temu kangen terkesan amat cair, sesekali tertawa, ger-geran, sembari mendengarkan lantunan vokal para lansia dengan iringan organ tunggal Purwo Wilis, pimpinan Trilukmanto, Kecamatan Puwantoro.

Acara ramah tamah diisi hiburan dari masing- masing distrik. Mendapatkan giliran perdana, Distrik Baturetno menampilkan Mars Penwas karya Oto Supahan, aransemen Arip Jatisiswoyo; tembang Dhandhanggula Penwas buah karya Harto, dan Pathet Purwasejati Sl.9 karya Sukamto, dilanjutkan Sesidheman oleh swarawati dari grup Purwo Wilis.

PESERTA Distrik Baturetno menyanyikan Mars Penwas.

Selanjutnya, peserta distrik menampilkan kepiawaian masing-masing, lewat sajian lagu pop, langgam, campursari, dan macapat.

Suasana benar-benar meriah ketika lagu Kisah Kasih di Sekolah dinyanyikan oleh salah satu peserta. Irama tepuk seni membahana menambah regeng suasana.

PESERTA temu kangen foto bersama di Rumah Makan Joglo, Selogiri.

Pertemuan penwas Kabupaten Wonogiri tahun 2021 terkesan unik. Hal ini terlihat dari kostum para peserta yang aneka ragam. Di leher para peserta berkalung tanda pengenal diri, dengan tujuan agar antarpeserta dapat lebih mudah mengenal namanya, karena puluhan tahun mereka tak bersua.

baca juga:  Bhabinkamtibmas Polsek Jepon Dengan Babinsa Koramil Pantau Vaksinasi Covid-19 Di Puskesmas Puledagel Vaksinasi Covid-19 Di Puskesmas Puledagel Dijaga Petugas TNI Polri.

Acara tanggapan diisi oleh Suyadi, Mulyati, Hastami, dan Tri Hatmanto.

RUMAH Makan Joglo, Selogiri, tempat gelaran temu kangen Penwas Kabupaten Wonogiri.

Tanggapan mereka rata-rata berisi saran, masukan, yang intinya pertemuan penwas sangat bermanfaat, sebagai wahana silaturahmi, nostagia, meningkatkan imun, sehingga menggugah kembali semangat penwas untuk tetap berkarya, demi kepentingan bersama dan masyarakat Wonogiri.

Untuk itu, menurut mereka, pertemuan penwas Kabupaten Wonogiri perlu digelar kembali, dengan jangka waktu tertentu.

Gedung indah, dengan panorama Wadhuk Tandon, lengkap dengan rumput kalanjana menghijau, di sana-sini bertebar bunga mekar yang ditingkahi hujan gerimis, membuat betah para penwas bercanda ria, berbagi cerita, bernostalgia mengenang masa lalu.

Pukul 12.00, pertemuan diakhiri dengan makan bersama, diiringi gendhing- gendhing Jawa dari grup Purwa Wilis Purwantoro.***

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *