Telaga Menjer Menandai Geliat Wisata Wonosobo

NEWS

Wonosobo-Inspirasiline.com. Sejak pembatasan kegiatan masyarakat semakin longgar, obyek wisata di wilayah Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah mulai menggeliat dan diserbu pengunjung dari berbagai daerah. Hal ini disambut gembira oleh para pelaku dan pengelola wisata seperti di Destinasi Wisata Telaga Menjer.

“Meski demikian para pengelola wisata tetap selalu mengingatkan kepada pengunjung agar tidak lengah dan selalu menerapkan protokol kesehatan termasuk memakai masker”, tutur Ardi petugas loket Telaga Menjer.

Gerbang masuk pengunjung dengan pelayanan loket Telaga Menjer

Telaga Menjer ini terbentuk dari letusan Gunung Pakuwaja yang dulunya aktif. Sebelum terjadi letusan dari gunung berapi tersebut, tempat ini hanyalah sebuah mata air kecil namun Telaga Menjer ini menjadi semakin dalam dan luas dengan dibangunnya bendungan untuk pembangkit listrik tenaga air yang dikelola oleh PLTA Garung.

Telaga Menjer terletak di desa Maron Kecamatan Garung kabupaten  Wonosobo. Saat ini pengunjung semakin meningkat secara signifikan,  yaitu satu bulan bisa mencapi 3.000 orang dari  biasanya yang  hanya 1.000  pengunjung saja.

Suasana alam Telaga Menjer dengan pemandangan perahunya yang siap mengantar pengunjung keliling telaga selama 30 menit

Telaga Menjer menawarkan panorama indah telaga yang dikelilingi pegunungan. Berbagai fasilitas pendukung juga disediakan di telaga Menjer diantaranya  taman dan spot untuk poto selfie pengunjung,  dengan latar belakang keindahan telaga.

“Pihak pengelola menyediakan perahu wisata untuk berkeliling telaga Untuk naik perahu wisata biayanya cukup 20.000 rupiah  per orang, bisa berkeliling telaga dengan durasi sekitar setengah jam”, tandas Ardi.

Abadikan saat indah naik perahu di tengah telaga dengan nuansa kabut yang sering menggoda

Obyek wisata telaga Menjer berada di ketinggian 1300 meter di atas permukaan laut dengan luas telaga sekitar 70 hektar. Kedalaman telaga berkisar 20 sampai 50 meter sehingga pastikan para pengunjung berhati hati dan waspada jika berkeliling telaga ini.

Pemandangan sekitar sangat alami nan indah didukung udara yag sejuk menambah eloknya telaga Menjer. Tak heran jika banyak wisatawan  berlama lama berada di telaga ini.

baca juga:  Pemuda Pancasila Kota Tegal Gelar Sunatan Massal

Nah bagi anda yang berwisata di daerah Wonosobo jangan sampai lupa mengunjungi telaga Menjer, jaraknya hanya sekitar 2 kilometer dari jalan utama Wonosobo Dieng  atau 10 kilometer dari pusat kota Wonosobo. (Budhy HP)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *