SDN2 Penawangan Grobogan Raih Juara I Lomba Perpustakaan Tingkat Kabupaten

NEWS

Grobogan-Inspirasiline.com. Sekolah Dasar Negeri 2 Penawangan Kabupaten Grobogan keluar sebagai juara 1 dalam Lomba Perpustakaan tingkat Kabupaten Grobogan, dimana penilaiannya dilaksanakan pada minggu lalu.

Demikian diungkapkan Kepala Sekolah Dasar Negeri 2 Penawangan Budiyono, SPd kepada Inspirasiline.com melalui ponselnya, Sabtu (3/12/22).

Budiyono, SPd Kepala SDN2 Penawangan Kab.Grobogan

Sebelum dilakukan penilaian oleh Tim Penilai Tk.Kabupaten terlebih dulu dilakukan penilaian tingkat eks kawedanan “Sekolah kami memperoeh juara I di tingkat Eks Kawedanan Manggarmas, sehingga berhak maju ke tingkat Kabupaten” ungkap Kepala Sekolah Budiyono, SPd didampingi Ka Perpustakaan Prasetyo, SPd.

Sedangkan hasil penilaian Tim Kabupaten dari 6 perpustakaan SD yang mewakili masing masing wilayah eks Kawedanan se Grobogan adalah juara I SDN2 Penawangan, juara II SDN4 Purwodadi, juara III SDN3 Tegowanu wetan. Sedangkan juara harapan I adalah SDN3 Putatsari Grobogan, harapan II SDN8 Wirosari dan harapan III adalah SDN2 Tahunan Gabus.
SDN2 Penawangan bisa neraih juara I karena mempunyai beberapa kelebihan yang tak dimiliki sekolah lain, diantaranya adalah sudah menggunakan otomatisasi dengan aplikasi e-book, juga mempunyai pengelola perpustakaan dan tenaga pustakawan khusus yang tidak merangkap tugas lain.

Prasetyo, AMD Ka Perpustakaan SDN2 Penawangan

Kepala Perpustakaan SDN2 Penawangan Prasetyo, AMd menjelaskan, kini perpustakaannya yang sudah menempati gedung tersendiri terpisah dengan ruangan pembelajaran, telah memiliki 5000 exemplar buku dan 1600 judul buku.

Terkait pembeayaan perpustakaan, Prasetyo yang sudah mengelola hampir 4 tahun dengan Yumaroh, tenaga pustakawan, mengatakan beaya perpustakaan didukung dengan dana BOS sekitar 12,3% padahal menurut aturan yang ada minimal 5%. Jadi dari segi pembeayaan, perpustakaan kami sudah bagus dan hal itu digunakan tidak untuk honor tetapi untuk infrastruktur perpustakaan, kata Prasetyo.

Lain lagi yang disampaikan Yumaroh Ulfa sebagai pustakawan yang waktunya full untuk perpustakaan, mengatakan dengan aplikasi e- Book yang dioperaskannya itu sangat memudahkan dalam input data buku maupun dalam proses peminjaman buku. Yumaroh mengaku senang dengan pekerjaannya sebab, dengan 12 klasifikasi buku ia mudah melayani siswa dan masyatakat yang memanfaatkan perpustakaan sekolah. “Kami melayani perpustakaan juga kepada masyarakat sekitar, tetapi disini hanya boleh membaca tidak boleh membawa pulang buku” katanya.

baca juga:  RSUD dr Soeratno Gemolong Kini Memiliki Jiwa Korsa

Dengan diraihnya Juara I Lomba Perpustakaan tingkat Kabupaten tersebut, bukan berarti tanpa kendala. Prasetyo mengaku kendala yang ada adakah terdapatnya serangga rayap yang bisa mengancam keberadaan buku-buku di perpustakaan. Untuk itu pihaknya selalu mengontrol lingkungan gedung perpustakaan dan membersihkan rayap tersebut.

Kepala Sekolah Budiyono, SPd berharap dengan diraihnya Juara I tingkat Kabupaten Grobogan tersebut akan lebih memacu semangat baik pengelola perpustakaan sekolah, para guru dan siswa SDN2 Penawangan. (jokowi)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *