Sukses Pertahankan Predikat Baik Sistem Merit ASN, Pemkab Sragen Raih Penghargaan Meritokrasi Dari Provinsi Jateng

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati menerima penghargaan Meritokrasi kategori BAIK dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah  di Hotel Atria Magelang, Kamis (1/12/2022).

Penghargaan Meritokrasi ini kali kedua. Sebelumnya apresiasi Pemerintah Pusat melalui KASN dan Pemprov Jawa Tengah.

Hadir menyaksikan, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ( Pemprov Jateng), Sumarno, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD)Jateng, Wisnu Zaroh, serta Bupati dan Walikota se Jawa Tengah.

Wakil Ketua KASN, Tasdik Kinanto mengungkapkan, Sistem Merit adalah anak kandung dari Reformasi Birokrasi. Perubahan mendasar dalam UU ASN kaitannya dengan manajemen SDM adalah keterbukaan.

Inti Sistem Merit adalah menempatkan orang yang tepat di posisi yang tepat, yang dikelola secara transparan berbasis Kompetensi, Kualifikasi, Kinerja, sejak perencanaan awal.

“Kalau dulu mengelola SDM itu tertutup, siapa menjadi apa, pegawai tidak tahu. Yang tahu Pejabat Pimpinan dan Baperjakat,” Ubgkapnya.

Tapi dengan Sistem Merit semua transparan. Siapa menjadi apa harus terbuka, nggak boleh ada riwayat dengan bos. Misalnya riwayat Satu Alumni, Saudara, dan lainnya,” tegasnya.

Usai menerima penghargaan, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati  mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan yang diraihnya.

Yuni sapaan akrab  Bupati Sragen menjelaskan, Meritokrasi merupakan bentuk komitmennya sebagai Bupati di dalam manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) utamanya dalam hal Pembinaan Karir Pegawai.

“Alhamdulillah, Tentunya bangga dengan capaian yang telah kita raih hingga saat ini. Jangan puas dengan apa yang telah kita kerjakan. Penghargaan ini menjadi Komitmen bersama untuk menguatkan Kualitas Tata Kelola Manajemen ASN di Kabupaten Sragen,” ungkapnya.

Sebagai Pejabat Pembina ASN Sragen, Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati senantiasa mempedomani Merit Sistem tersebut, baik dalam penempatan Pejabat Struktural maupun Pengangkatan Promosi Pejabat Struktural, baik pada Eselon II, Eselon III maupun Eselon IV.

baca juga:  Antrean Migor Curah Sejak Tengah Malam

Pelaksanaan Sistem Merit pada Manajemen ASN menjadi penting sebagai upaya mewujudkan SDM unggul dan berdaya saing. Sistem Merit lahir berdasarkan keadilan, kemampuan, prestasi, dan kinerja sebagai landasan dalam proses Rekrutmen, Penggajian, Pengembangan, Promosi, Retensi, Disiplin, dan Pensiun Pegawai.

“Sistem Merit itu sudah sesuai dengan Komitmen kami untuk memanajemen ASN secara Profesional. Sistem Merit itu menjadi salah satu Indikatornya. Ke depan tidak ada lagi Open Bidding tetapi dalam karier ASN sudah terprogram sejak awal. Kami memetakan potensi ASN sejak awal sudah diketahui arahnya kemana sehingga jenjang kariernya terbuka,” Ungkap Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati menjelaskan. Yuni berharap ASN Sragen bisa paham sistem meritokrasi ini.

“Jadi semakin transparan dan obyektif mulai dari rotasi,” harapnya.

Pada kesempatan itu, diberikan Anugerah Meritokrasi kepada 12 kabupaten dan kota se Provinsi Jawa Tengah.( Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *