Musium Islam Nusantara Lasem Akan Diresmikan Wapres Ma’ruf Amin

NEWS

Rembang-Inspirasiline.com. Musium Islam Nusantara di Komplek Masjid Raya Lasem, Kabupaten Rembang, menurut rencana akan diresmikan Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’aruf Amin, 24 Juli bulan depan.

H Abdul Azis, salah seorang panitia pembangunan Musium Nusantara Lasem, kepada media ini, mengatakan, surat permohonan peresmian kepada Wapres sudah dikirim beberapa waktu lalu.

“Kami sudah mendapat informasi yang cukup valid bahwa Wapres KH Ma’ruf siap hadir ke Lasem meresmikan Musium Islam Nusantara dan proyek pembangunan Lasem Kota Pusaka. Dan kabarnya peresmian akan dilakukan, Jumat (24/7) bulan depan,” terang Abdul Azis (Gus Azis).

Ia mengatakan, dalam rangakaian peresmian nanti ada sejumlah acara yang akan di gelar. Antara lain pengajian sekaligus dalam rangkaian haul Mbah Srimpet dan Eyang Sambu dan karnaval dalam rangka haari jadi Lasem.

Anggota DPRD Jateng dari Lasem, Rembang, itu menambahkan, semula teman-teman panitia pembangunan Musium Islam Nusantara inginnya peresmian di lakukan oleh Presiden Jokowi. Namun karena jadwal acara presiden sangat padat, maka di wakili oleh Wapres Ma,’ruf Amin.

“Peresmian gedung tersebut sebenarnya  sudah molor. Karena Musium ini dibangun tahun 2022 dengan anggaran APBD I Jateng senilai Rp 2 miliar lebih. Namun lantaran jadwal presiden yang padat, maka mundur sampai pertengahan tahun ini dan oleh Wapres,” terang Gus Azis.

Gus Azis mengutarakan, pembangunan Musium Islam Nusantara ini terintegrasi dengan pengembangan Lasem Kota Pusaka yang di biayai oleh APBN dalam hal ini lewat Kementrian PUPR.

“Jika tidak salah, anggaran untuk membiayai pengembangan Lasem Kota Pusaka ini sekitar Rp 111 miliar,” tutur Gus Azis sambil menambahkan, pengembangan Lasem Kota Pusaka akan berlanjut terus. (yon daryono)

Bagikan ke:
baca juga:  16 Finalis Kakang Mbakyu Blora 2024 Jalani Uji Talenta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *