Tingkatkan Kompetensi SDM, Diskominfo Gandeng BSSN Lakukan Pelatihan Cyber Security Fundamental

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Sragen menggelar kegiatan Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Pelatihan Cyber Security Fundamental (CSF).

Acara berlangsung Selama Tiga Hari mulai Selasa (17/10) – Kamis (19/10), diikuti sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sragen. Pelatihan dibuka oleh Plt. Kepala Diskominfo Sragen, Dwiyanto di Oproom Sekretariat Daerah (Setda) Sragen.

Dalam kesempatannya, Dwiyanto mengapresiasi BSSN yang telah memilih Kabupaten Sragen untuk menyelenggarakan Pelatihan Cyber Security Fundamental (CSF).

CSF sendiri diperuntukkan bagi ASN untuk menambah Pengetahuan Tentang Keamanan Digital yang ada di setiap Perangkat Daerah.

Dwiyanto menyebutkan, seiring dengan Peningkatan Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pemerintahan melalui SPBE, Ancaman Keamanan Siber terhadap Penyelenggaraan SPBE akan semakin meningkat.

“Kami berharap Program ini dapat dijalankan secara berkesinambungan setiap tahunnya dan menjadi bagian dari Program Pengembangan Kompetensi bagi Pegawai. Semoga seluruh Pegawai yang mengikuti Pelatihan ini bisa Berpartisipasi Aktif Dalam Program Kesadaran Keamanan Informasi untuk Pemkab Sragen,” Ungkap Dwiyanto.

Dwiyanto menambahkan Keamanan Siber bukan hanya Tanggung Jawab Diskominfo Sragen, namun perlu adanya dukungan dari semua pihak.

“Adanya Pelatihan Cyber Security dari BSSN diharapkan dapat meningkatkan Kompetensi Pegawai diseluruh lini Pemkab Sragen,” Lanjutnya.

Sementara Widyaiswara Ahli Madya pada Pusat Pengembangan SDM BSSN, Muhammad Machbub Rochman mengatakan, berdasarkan Data BSSN RI Sriyanto, Tingginya Ancaman Serangan Ciber terhadap Data Rahasia Negara, mulai dari Pusat hingga Daerah.

Untuk itu, Pemerintah mulai dari Pusat,Provinsi, Kabupaten/Kota 232 Juta serangan Siber, termasuk serangan terhadap Website.go.id mencapai 500 Ribu lebih.

“Serangan Insiden Siber terhadap Keamanan Informasi yang terjadi mulai dari Level Provinsi, Kabupaten/Kota. Untuk itu kami mendorong seluruh Diskominfo Se-Indonesia untuk segera melalukan pengamanan,” Ungkapnya.

baca juga:  Gelar Sarasehan, Perhutani Randublatung Ajak Tingkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Hutan

Lebih lanjut, saat ini Ia tengah melakukan Asistensi terhadap beberapa Provinsi, dan Kabupaten/Kota. Untuk Kabupaten Sragen melalui Diskominfo, dari mulai Infrastuktur sudah ada Shutel Jaringan Intranet yang memadai.

“Artinya Pemkab Sragen ini sudah siap dalam hal Pengamanan Siber, tinggal menerapkan dan menjalankannya saja CSF-nya. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan Kesadaran Keamanan Siber, meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan untuk Mendeteksi Kerentanan Sistem serta Mengatasi serangan Siber,” Pungkasnya. (Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *