Launcing SragenKab, CSIRT Tonggak Dimulainya Kolaborasi Intensif Pengelolaan Keamanan Siber Antara Pemerintah Pusat Dengan Daerah

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Dalam Rangka Perkuatan Keamanan Siber Nasional, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sragen Bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Meluncurkan Tanggap Insiden Siber pada Instansi Pemerintah Daerah (Pemda) atau yang biasa disebut Computer Security Incident Response Team (CSIRT). Kegiatan Launching akan dilaksanakan di Ruang Sukowati Sekretariat Daerah ,(Setda) Kabupaten Sragen pada Selasa (28/11/2023) besuk.

Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Persandian, Fajar Adhi Nugroho, ST., Mengatakan SragenKab-CSIRT diperuntukkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen, Tim didalamnya tidak hanya dari Kominfo tetapi juga ada yang dari luar Kominfo.

“CSIRT kita terdiri dari beberapa Personil diluar Kominfo yang mempunyai Kemampuan di Bidang Keamanan Informasi lebih dibandingkan yang lain. Jadi memang Csirt ini Timnya bukan Jhusus di Kominfo,” jelasnya (27/11/2023).

Lebih lanjut, Fajar Adhi Nugroho Menjelaskan Tugas Utama dari SragenKab-CSIRT ini, apabila terdapat Insiden harus Respon Cepat yang mana Penanganannya Sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP)

Selain itu, Hotline untuk Penanganan Khusus IT juga sudah disiapkan, termasuk Pelaporan yang melalui Aplikasi Si-Manja (Sistem Informasi Manajemen Jaringan Kominfo) yang sudah Terintegrasi.

“Ketika ada Insiden-Insiden yang membahayakan Database atau Data-Data Penting, Tim Merespon Cepat dengan Penanganannya yang Sesuai SOP. Karena selama ini Kita Kadang Masih Bingung, Penanganannya tidak Sistematis,” Ujarnya.

Tujuan Pelaksanaan Kegiatan Penguatan dan Pembinaan CSIRT Sector Pemerintahan ini adalah Mendeklarasikan Keberadaan CSIRT Organisasi yang Bertugas dan Bertanggung Jawab Menangani Insiden Siber Kepada Pemimpin, Kontituen CSIRT, dan Masyarakat; Mensosialisasikan Layanan CSIRT, Cara Aduan dan Jalur Koordinasi apabila terjadi Insiden Siber; serta Memberikan Pemahaman dan Persepsi yang sama dalam Pengelolaan dan Kolaborasi CSIRT Organisasi Sector Pemerintah Daerah.

Dengan diluncurkannya SragenKab-CSIRT juga sebagai Wujud Implementasi UU Pelindungan Data Pribadi, dimana Perlindungan terhadap Keamanan Data Pribadi Penting dalam Mencegah Kejahatan Siber.

Fajar Adhi Nugroho Berharap Penanganan Insiden Siber bisa lebih Sistematis, Efisien dan Efektif, serta Memudahkan Pengguna.

“Setelah Launching harapannya tidak ada Insiden. Kalaupun ada ketika ada Insiden-Insiden yang Membahayakan Database atau Data-Data Penting, Tim Merespon Cepat dengan Penanganannya yang Sesuai SOP. Karena selama ini Kita Kadang Masih Bingung, Penanganannya tidak Sistematis,” Harapnya. (Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

3 thoughts on “Launcing SragenKab, CSIRT Tonggak Dimulainya Kolaborasi Intensif Pengelolaan Keamanan Siber Antara Pemerintah Pusat Dengan Daerah

  1. Do you mind if I quote a few of your posts as long as I
    provide credit and sources back to your website?
    My blog site is in the very samee area of interest as yours
    and my visitors would genuinely benefit from some of the information you provide here.
    Please let me know if this okaay with you. Thanks a lot!

    My webpage: Alisia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *