Pertahankan Tingkat Kematangan Indeks SPBE, Diskominfo Gelar Rakor Persiapan Visitasi

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sragen melaksanakan Rapat Koordinasi Pelaksanaan Penilaian Visitasi Evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2023. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sragen, Senin (27/11/2023). Hadir dalam Rakor Pejabat Teknis atau Pengelola Aplikasi di Tiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

 SPBE merupakan Penyelenggaraan Pemerintahan dengan Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk memberikan Layanan Kepada Instansi Pusat, Pemerintah Daerah, Pegawai Aparatur Sipil Negara, Perorangan, Masyarakat, Pelaku Usaha, dan Pihak Lain yang memanfaatkan layanan SPBE.

Kepala Bidang Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Statistik, Hartono, S.Kom, M.Kom., Mengatakan Kabupaten Sragen Data Dukung dan Indikator-Indikatornya sudah disiapkan dan sudah lengkap.

“Berdasarkan Evaluasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor : B/1674/KT.03/2023 Tanggal 13 November 2023 Tentang Pelaksanaan Penilaian Visitasi Evaluasi SPBE Tahun 2023, Kabupaten Sragen telah menyiapkan dengan baik Data Dukung dan Indikator-Indikator sudah lengkap sudah sesuai dengan Real,” Ungkapnya.

Lebih lanjut, Hartono Mengatakan SPBE harus dievaluasi untuk memperoleh Informasi terhadap hasil Penilaian Mandiri yang telah dilakukan oleh Satuan Kerja (Satker). Hal tersebut dilakukan dengan Tujuan untuk mengukur Tingkat Kematangan Penerapan SPBE pada masing-masing Satuan Kerja (Satker) melalui Proses Verifikasi dan Klarifikasi Informasi.

 “Masukan dari Tim sangat berharga bagi kami, Khususnya dalam Upaya Meningkatkan Nilai Indeks SPBE Pemkab Sragen. Mudah-mudahan kita mampu mempertahankan Tingkat Kematangan Indeks SPBE yang sudah kita sampaikan melalui Aplikasi SPBE beberapa waktu lalu dan telah dilakukan Evaluasi oleh Tim Assessor SPBE Kementrian PAN RB,” Tambahnya.

Pada Rakor ditegaskan bahwa dalam Evaluasi Menuju Visitasi yang akan dilaksanakan pada Selasa, 5 Desember 2023 di Rumah Dinas Bupati Sragen mendatang, ditekankan Kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk Mencermati, Mengevaluasi, dan Mempersiapkan Dokumen-Dokumen Pendukung setiap Indikator yang harus dipenuhi. Ada 47 Undikator yang harus disiapkan. Diharapkan Perwakilan dari SKPD dan Pejabat Teknis Mampu Menjelaskan Secara Detail dari Setiap indikator yang ada pada Penilaian Indek SPBE Kabupaten Sragen.(Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:
baca juga:  Kapolda Jateng: Anggota Polri harus Cerdas Berempaty dan Menjaga Rasa Keadilan Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *