Miliki Fasilitas Representatif, Puskesmas Sragen Kota Diharapkan Jadi Salah Satu Pilihan Pelayanan Kesehatan

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Keberadaan 25 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang tersebar di Kabupaten Sragen Memiliki Peranan Sangat Penting untuk Memenuhi Kebutuhan Masyarakat di Bidang Kesehatan.

Hal itu di sampaikan Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati Saat Memberikan Sambutan Pada Peresmian Puskesmas Sragen Kota, Kamis (28/12/2023).

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati  Mengaku Bersyukur Pembangunan Puskesmas telah selesai dan Puskesmas tersebut diharapkan dapat memberikan Pusat Pelayanan yang lebih baik khususnya Kepada Masyarakat disekitarnya.

“Alhamdullilah, Hari ini Kita bisa Meresmikan Kembali Beberapa Pekerjaan di Tahun 2023. Saat ini Kita bisa menyaksikan Puskesmas Sragen yang sangat luar biasa. Semoga dengan Gedung Baru ini, Nomor Satu adalah Pelayanan Kepada Masyarakat harus Lebih Ditingkatkan. Yang Kedua adalah Peningkatan Kinerja Para dokter dan Tenaga Kesehatan agar semakin semangat Pengabdian untuk Masyarakat.” Tegas Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati

Bupati Mengapresiasi Atas Pendampingan Hukum dan Pengawasan yang dilakukan oleh Kejaksaan Negeri Sragen dalam Pengerjaan Pembangunan Gedung Puskesmas Sragen sehingga Proses Pengerjaannya sesuai dengan Rencana dan Berjalan Dengan Baik.

“Kabupaten Sragen Berkomitmen Selalu Memberikan Pelayanan yang terbaik. Dari 25 Puskesmas yang ada di Sragen semuanya sudah Layak dan Luar Biasa. Namun masih ada beberapa Puskesmas yang masih memerlukan sentuhan seperti Puskesmas Tanon II yang karena sesuatu hal tidak jadi dibangun. Kemudian Puskesmas Masaran II juga belum Representatif Karena Kebanjiran Saat Musim Hujan. Ini menjadi Pekerjaan Rumah (PR) bagi Kedua Puskesmas dan harap menjadi perhatian.” Terang Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati

Kedepan Bupati Mengharapkan dengan memiliki Gedung baru, Puskesmas Sragen Kota semakin Mandiri dalam Mengelola Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sehinga Indeks Kesehatan di Kabupaten Sragen semakin meningkat.

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati  Meminta, Tahun 2024 Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Sragen diharapkan bisa Meraih Kabupaten Sehat dan untuk itu harus dipersiapkan sejak dini agar bisa Meraih Predikat Utama seperti Penghargaan Kabupaten Layak Anak.

“Baru-Baru ini Kabupaten Meraih Penghargaan Daerah Ramah Perempuan dan Layak Anak (DPRLA), dan itu merupakan Sebuah Prestasi serta Pengakuan dari Pemerintah Pusat walaupun tidak mudah. Tapi hal tersebut merupakan Upaya Kolektif dan Gotong-Royong Kita Bersama.”Urainya.

Kepala Dinas Kesehatan dr Udayanti Proborini, M. Kes., Mengatakan Gedung baru Puskesmas Sragen Kota Memiliki Dua Lantai Dilahan Seluas 1.124 Meter Persegi.

Pembangunan Gedung Menghabiskan Anggaran Sebesar Rp 4,948 Milyar dengan waktu Pelaksanaan Selama 180 Hari dimulai dari Tanggal  23 Juni -19 Desember 2023 yang berasal dari  Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Bidang Kesehatan Tahun 2023.

“Harapan Kami, Puskesmas ini bisa lebih Representatif serta bisa lebih Memotivasi Para Tenaga Medis di Puskesmas Sragen agar semakin memberikan Pelayanan yang Berkualitas dan Pelayanan yang telah sesuai dengan Standar Kementrian Kesehatan.” Ungkapnya.

Udayanti Proborini Menjelaskan Puskesmas yang saat ini Menghadap Kebarat itu, Memiliki Fasilitas yang terdiri dari UGD dan adanya Poli-Poli Rawat Jalan yang ada di Lantai 1 seperti Poli Gigi, Poli Umum, dan Pelayanan KIA. Kemudian Lantai 2 adalah Gedung Perkantoran yang Melayani Administrasi dan Aula.

“Dengan Memiliki Sejumlah Fasilitas, Kami Harap Puskesmas ini menjadi Salah Satu Pilihan Pelayanan Kesehatan yang baik untuk Masyarakat. Kami masih ada Sisa Tanah Dibelakang kemungkinan jika ada Anggaran BLUD atau lainnya Kita akan mengembangkan Layanan lainnya dibelakang.” Pungkasnya. ( Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *