Ratusan Knalpot Brong Terjaring Operasi Cipta Kondisi

NEWS

Sukoharjo-Inspirasiline.com. Demi menjaga kamtibmas diwilayah hukum Polres Sukoharjo biar masyarakat aman dan nyaman maka sebanyak 248 sepeda motor berknalpot brong yang terjaring dalam razia gabungan dari berbagai satuan hingga Polsek jajaran sejak 1 Januari 2024, telah diamankan Polres Sukoharjo.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit dalam jumpa pers yang berlangsung dihalaman Mapolres pada Senin (15/1/2024) bahwa Jumlah pelanggaran khusus knalpot brong sebanyak itu merupakan hasil operasi cipta kondisi berdasarkan instruksi Kapolda Jawa Tengah untuk mencegah gangguan kamtibmas selama masa kampanye Pemilu 2024, terutama menjelang kampanye terbuka mulai 21 Januari hingga 10 Pebruari mendatang.

Kapolres AKBP Sigit mengecek knalpol SPM yang terjaring Razia

Lebih lanjut Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit didampingi Kasat Lantas AKP Betty Nugroho juga mengatakan dari hasil penindakan roda dua (R2) dari 1 Januari sampai 14 Januari ini, ada 496, dengan rincian untuk knalpot brong 248, dan pelanggaran (SIM, STNK, dan kelengkapan motor) juga ada 248.

“ Untuk penindakan terhadap motor yang tidak dilengkapi sarana sesuai standarnya tersebut diawali dengan membentuk tim khusus, dimana tim tersebut  bekerja dengan melakukan kegiatan pre emtif dan preventif,” ungkap AKBP Sigit.

Ratusan kendaraan berkalpot brong terparkir dihalaman Mapolres

Menurutnya dari humas dengan menggelorakan tagline ‘Zero Knalpot Brong’ melalui flyer, spanduk, stiker, sosial media, termasuk juga melibatkan media melalui pemberitaan.

“Kemudian dilanjutkan dengan patroli kewilayahan untuk menyampaikan himbauan, termasuk melibatkan Bhabinkamtibmas,” kata Kapolres.

Lanjut Kapolres Sukoharjo AKBP Sigit itu juga menegaskan, pihaknya selama ini tidak pernah berhenti untuk selalu menyampaikan bahwa penggunaan knalpot brong sangat mengganggu ketertiban umum lantaran memicu keresahan.

“ Melalui tim kami juga sudah mendatangi semua bengkel menyampaikan himbauan sekaligus menempelkan stiker maklumat dari Kapolda dan himbauan agar tidak memproduksi knalpot brong,” katanya.

baca juga:  Pemkab Blora Hibahkan Tiga Bidang Tanah Kepada Polres Blora

Kasatlantas Polres Sukoharjo AKP Betty Nugroho menambahkan, selain bengkel, tim secara masif juga mendatangi beberapa sekolah untuk menyampaikan himbauan tentang knalpot brong.

“Untuk knalpot brong kami secara bergiliran bakal mendatangki semua sekolah khususnya SMA dan SMK untuk sosialisasi knalpot brong,” ungkap AKB Betty.

Sementara itu  hasil razia knalpot brong yang dilaksanakan sejak awal tahun dikatakan AKP Betty hingga menjelang pelaksanaan kampanye rapat umum terbuka, saat ini diamankan di halaman Satlantas Polres Sukoharjo.

“Para pemilik sepeda motor juga kami berikan surat tilang dan dapat mengambil setelah melengkapi dengan knalpot standar,” kata dia. (Prie)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *