Umplung Dewa Misting, Inovasi Baru Pemdes Karangudi

NEWS

Sragen-Inspirasiline.com. Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada warganya, Pemerintah Desa (Pendes) Karangudi, Kecamatan Ngrampal, Kabupaten Sragen membuat Inovasi bernama “Umplung Dewa Misting” atau Umplung Demi Masyarakat Miskin dan Bayi Stunting Cegah Stunting.

Inovasi Desa yang di inisiasi oleh Pemerintah Desa Karangudi itu mendapat apresiasi dari Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

“Alhamdulillah, Umplung Dewa Misting ini salah satu inovasi yang luar biasa, wujud kepedulian terhadap sesama, sekaligus membantu Pemda untuk menurunkan angka stunting dan semoga membantu mengurangi angka kemiskinan. ,” ungkap Bupati saat acara Safari Ramadan sesi Tarawih keliling di Masjid Asy Syifa Desa Karangudi, Kecamatan Ngrampal, Rabu (3/4/2024).

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati berharap dengan yang sedekah itu dapat membantu dan meringankan beban warga di Wilayah Desa Karangudi. Ia juga ingin inovasi Umplung Dewa Misting bisa menjadi contoh untuk Desa lain di Kabupaten Sragen

“Bagus, dalam bentuk gotong royong masyarakat dalam penanganan masyarakat miskin ekstrem dan penanganan atau pencegahan bayi stunting,” jelasnya.

Kades Karangudi, Resi Pandoyo menceritakan inovasi yang di inisiasi Pemdes Karangudi ini merupakan salah satu inovasi yang baru direalisasikan sejak Januari Tahun ini.

Resi Pandoyo menceritakan jika dirinya bersama Perangkat di Pemdes Karangudi menciptakan Inovasi tersebut selain untuk membantu warganya, Inovasi ini juga didaftarkan di Sragen Awards.

“Asal mula iuran itu terkumpul dari iuran sukarela warga Desa Karangudi saat pertemuan RT. Sistem iurannya, dimasukkan ke dalam kaleng (Umplung-Red) berjalan,” katanya.

Kemudian, hasil sedekah yang terkumpul disalurkan kepada warga kurang beruntung seperti anak yatim piatu, KK yang terdata di DTKS. Total ada 22 RT dan 7 RW di Desa Karangudi.

baca juga:  BRI Sragen Selasa (21/6/2022) Besuk Mengundi Hadiah Tabungan Simpedes Di Ndayu Park

“Jadi, malam ini pertama kalinya dilakukan penyerahan kepada warga penerima manfaat, total ada sekitar 500 KK yang berhak menerima itu. Alhamdulillah, sejak Januari sampai Maret sudah terkumpul lebih dari 5 juta rupiah,” pungkasnya.

Resi mengaku senang, karena inovasinya bisa dilaunching langsung oleh orang nomor satu di Sragen.

“Terimakasih Ibu Bupati, malam ini berkenan menyerahkan uang tunai untuk 42 anak yatim piatu beserta sembako untuk 25 warga kurang mampu,” Pungkasnya. (Sugimin/17-Release Diskominfo Sragen)

Bagikan ke:

1 thought on “Umplung Dewa Misting, Inovasi Baru Pemdes Karangudi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *