Memperingati Hardikal Ke78 Para Petinggi Angkatan Laut Napak Tilas Di Tegal

NEWS

Tegal-Inspirasiline.com. Komandan Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Letnan Jendral TNI Marinir Nur Alamsyah, didampingi Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksda TNI Supardi, Komandan Seskoal Laksda TNI Fauzi, dan Komandan Sekolah Tinggi Teknologi Angkatan Laut (STTAL) Laksma TNI Dr. Mukhlis melakukan Napak Tilas ke Tegal dalam rangka memperingati Hari Ulang Pendidikan Angkatan Laut (Hardikal) Tahun Ke 78 Tahun 2024. Kamis (30/5).

Kunjungannya ke Tegal Dankodiklatal dan petinggi Angkatan Laut lainnya diterima oleh Dan Lanal Tegal Letkol Laut (P) Adi Surono di Mako TNI- AL. Tegal. Rombongan. Dalam kesempatan Itu rombongan menyaksikan pemutaran film selayang pandang perkembangan TNI Angkatan Laut dari masa ke masa.

Dari Markas Angkatan Laut rombongan menuju ke gedung DPRD Kota Tegal diterima oleh Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro yang dihadiri para ketua Fraksi, selanjutnya saling tukar cinderamata. Sebagaimana diketahui, gedung utama DPRD Kota Tegal memiliki nilai sejarah tentang perkembangan TNI AL di Tegal, malah gedung tersebut pernah menjadi Markas TNI AL.

Di Depan gedung DPRD rombongan berfoto bersama lalu bergeser foto di depan Monumen Yos Sudarso yang berada di depan gedung DPRD Kota Tegal.

Dankodiklatal Letjend. Marinir Nur Alamsyah menjelaskan ke media, kunjungan ke Tegal adalah dalam rangka Napak tilas karena dari Tegal inilah pertama kalinya berdirinya Pendidikan Angkatan Laut di Kalibakung dan di gedung SD PIUS Tegal.

” Napak tilas ini kita lakukan untuk mengenang kembali serta ingin melihat tempat tempat yang punya nilai sejarah sebagai cikal bakal berdirinya pendidikan angkatan laut dan apa yang kita dapatkan adalah semangat dan keinginan para pemuda-pemuda yang pada waktu itu berjuang di laut .” jelas Letjend Nur Alamsyah.

baca juga:  PPKM Kabupaten Sragen Diperketat, Hajatan Dilarang

Menurutnya, napak tilas ini juga merupakan bentuk penghormatan terhadap nilai-nilai perjuangan para pendahulu TNI AL yang mengawali pendidikannya Tegal, seperti Laksamana Soedomo, Laksamana RE.Marthadinata,.Letjend.Marinir Ali Sadikin Komodor Yos Sudarso.

Nur Alamsyah berharap Tegal bisa menjadi mercusuar, karena dari Tegal banyak melahirkan nama-nama besar pejuang angkatan laut yang dididik di Tegal, seperti Laksamana Soedomo, Komodor Yos Sudarso, Laksamana RE.Marthadina, Laksana. aku Sadikin dan Sebagainya.

Setelah dari gedung DPRD Kota Tegal rombongan melanjutkan Napak tilas ke SD PIUS dan ke Monumen Bumi Wana Samudra Desa Kalibakung Kecamatan Balapulang Kabupaten Tegal.

Terkait dengan kunjungan tersebut Ketua DPRD Kusnendro merasa gembira dan bersyukur karena kedatangan petinggi – petinggi angkatan laut yang dipimpin oleh Dankodiklatal.

” jadi saya sangat gembira sekali hari ini di Tegal bertaburan bintang-bintang dari empat petinggi pendidikan angkatan laut di Indonesia datang di Tegal dalam rangka Napak tilas dan harlah diklatal ke 78 tahun 2024.

Kata Kusnendro dari kunjungan in, suatu saat DPRD Kota Tegal akan berkunjung ke diklatal apa lagi saat ini ada 8 warga kota Tegal yang sedang di didik disana. (Biet)

Bagikan ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *