Bungah Bareng, Kades Se Grobogan Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan

NEWS

Grobogan-Inspirasiline.com. Suasana gembira dan hingar bingar menyelimuti pendopo Kabupaten Grobogan, pasalnya hari ini para Kepala Desa tersebut menerima surat keputusan (SK) perpanjangan masa jabatan yang tadinya satu periode selama 6 tahun menjadi 8 tahun.

Penyerahan SK tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni SH MM dipendopo setempat, Senin (10/6/24).

Perpanjangan masa jabatan para Kades tersebut telah dikuatkan dengan SK Bupati Grobogan no. 400.10.2/439/2024 tertanggal 6 Juni 2024. Perpanjangan masa jabatan menjadi 8 tahun dimulai  per 6 Juni 2024.
Hadir dalam acara tersebut  Sekda Grobogan Anang Armunanto, Kajari Grobogan, Kadispermasdes Ahmad Haryono SH, Staf Ahli Bupati Bidang hukum dan Pemerintahan, Asisten Pemerintahan Sekda , Kodim , Polres, Kabag Hukum,  Kepala OPD terkait dan para Camat, para Ketua BPD se Grobogan.

Kades Pranten Gubug, Sutopo tengah menerima SK dari Bupati Grobogan

Dalam laporannya, Kepala Disparmasdes Ahmad Haryono SH mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk melaksanakan ketentuan pasal peralihan perubahan masa jabatan Kades dan BPD sesuai dengan UU no 3 tahun 2024 tentang Desa   yang merupakan perubahan kedua dari UU no 6 tahun 2014 tentang Desa.

Ahmad Haryono menyebut dari 273 Kades yang ada, maka sebanyak 266 Kades yang menerima SK , sedang sisanya yakni 7 kades belum.menerima SK. dimana 7 kades itu terdiri dari 6 kades diisi pejabat sementara dan 1 Kades dalam proses hukum.

Kades Taruman Klambu, Kasir selaku Ketua Demang Manunggal Klambu sedang menerima SK Bupati

Ahmad Haryono menyebut perpanjangan masa jabatan kades juga dibarengi dengan perpanjangan masa jabatan Badan Permusyawaratan Desa.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Grobogan mengatakan Surat keputusan itu mengandung makna penting yakni pertanggungjawaban yang sangat besar, dalam penetapannya mempertimbangkan segala aspek pemerintahan.
Bupati mengaku sebelum SK ini muncul  dan telah keluarnya UU nomor 3 tahun 2024 tentang Desa, dirinya selalu dikejar kejar, di Wa oleh Demang Manunggal Grobogan agar segera membuatkan SK perubahan perpanjangan masa jabatan Kades menjadi 8 tahun dalam 1 periode jabatan itu. Saat itu Bupati meminta Kades untuk bersabar menunggu saatnya.

baca juga:  Dies Natalis Ke-57, PEM Akamigas Sinergi Akademis Dengan Industri Capai Kemandirian Energi

Kata Bupati, usai pihaknya memperoleh SE Mendagri 5 Juni 2024 dan hasil konsultasi ke Pemprop Jateng, maka Bupati bisa menerbitkan SK perubahan masa jabatan tersebut. “Hari ini alhamdulilah, SK ini sudah bisa bapak ibu Kades terima” ujar Bupati.

Dengan diterimanya SK perpanjangan masa jabatan Kades menjadi 8 tahun itu, Bupati meminta para Kades agar dibarengi dengan peningkatan kinerja dalam memberikan pelayanan kepada masyatakat.

“Setelah ini saya tidak mau lagi mendengar adanya ketidak harmonisan Kades dengan BPD dan perangkatnya, tidak mau mendengar adanya Kades yang tak mau diajak rapat oleh Camatnya, untuk itu jalin komunikasi yang terbaik untuk meningkatkan pelayanan masyarakat,” pungkas Bupati.

Terpisah, Ketua Demang Manunggal Kecamatan Klambu Kasir kepada media Inspirasiline.com mengungkapkan dengan perpanjangan dari 6 menjadi 8 tahun dirinya bisa memberikan sumbangsih kepada desa. Kasir menyebutkan orientasi perubahan UU no 6 tahun 2014 menjadi UU no 3 tahun 2024 adalah supaya penerusnya bisa menjalankan visi dan misinya manakala yang bersangkutan menang dalam pilkades nanti.

“Masa jabatan Kades dari 6 menjadi 8 tahun meski hanya 2 periode minimal permasalahan pilkades bisa tertekan, sehingga Kades tersebut hisa menjalankan visi dan misinya” ujar Kasir yang sudah 3 periode menjabat Kades Taruman Klambu.

Lain lagi yang diungkapkan Kades Kandangrejo kecamatan Klambu Widhi Rifai. Widhi menyebutkan dengan perpanjangan masa jabatan 2 tahun ini akan lebih baik karena adanya pandemi covid-19 selama 2 tahun lalu menyebabkan visi misi Kades tersendat. Dengan perpanjangan waktu ini, dirinya yakin visi misi yang kemarin tersendat bisa berjalan lagi lebih maksimal.

Sementara itu Kades Ngraji Kecamatan Purwodadi Yahmo, dirinya merupakan Kades hasil PAW yang saat ini sudah 3 tahun menjalaninya. Dia merasa senang masa jabatannya diperpanjang 2 tahun. Namun dia sadar dengan perpanjangan tersebut meski merasa senang namun hal itu menjadi hal yang harus dipertanggungjawabkan untuk.lebih baik dalam melayani masyarakatnya.

baca juga:  265 Kades Rembang Ngluruk Ke DPR RI

Dengan perpanjangan waktu itu, Yahmo berharap minimal memberikan peluang bagi Kades terpilih nanti untuk memaksimalkan visi dan misinya serta bisa menghindari gesekan gesekan di masyarakat. (jkwi)

Bagikan ke:

1 thought on “Bungah Bareng, Kades Se Grobogan Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan

  1. of course like your website but you have to check the spelling on several of your posts A number of them are rife with spelling issues and I in finding it very troublesome to inform the reality on the other hand I will certainly come back again

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *